Berkeliling Antarprovinsi dengan Transportasi Bus Umum dari Kota Surabaya ke Kot

Posted by charmainejason on September 11th, 2018

Wilayah Surabaya dahulu merupakan gerbang utama untuk memasuki ibu kota Kerajaan Majapahit dari arah lautan, yakni di muara Kali Mas. Bahkan hari jadi kota Surabaya ditetapkan yaitu pada tanggal 31 Mei 1293. Hari itu sebenarnya merupakan hari kemenangan pasukan Majapahit yang dipimpin Raden Wijaya terhadap serangan pasukan Mongol. Pasukan Mongol yang datang dari laut digambarkan sebagai SURA (ikan hiu / berani) dan pasukan Raden Wijaya yang datang dari darat digambarkan sebagai BAYA (buaya / bahaya), jadi secara harfiah diartikan berani menghadapi bahaya yang datang mengancam. Maka hari kemenangan itu diperingati sebagai hari jadi Surabaya.

Surabaya juga merupakan pusat Gerakan Kemerdekaan Indonesia, ini karena heroisme masyarakat Surabaya yang tergambar dalam pertempuran 10 November 1945. Arek-arek Suroboyo, sebutan untuk pemuda-pemuda Surabaya, dengan berbekal bambu runcing berani melawan pasukan sekutu yang memiliki persenjataan canggih. Puluhan ribu warga meninggal membela tanah air. Peristiwa heroik ini kemudian diabadikan sebagai peringatan Hari Pahlawan. Sehingga membuat Surabaya dilabeli sebagai Kota Pahlawan.

Pada awalnya, pandangan ke kota ini mungkin tidak terlihat menarik bagi para turis di luar sana. Banyak turis yang memperlakukan Surabaya hanya sebagai pintu menuju ke kota Bali yang indah saja.

Namun, ketika saya menginjakkan kaki di Kota Pahlawan ini saya merasa takjub karena tingkat urbanisasi di kota ini telah meningkat. Ini tepatnya karena penggunaan teknologi abad ke-21 dan kegiatan pengembangan infrasturktur. Ketika anda tinggal lebih dalam di kota Pahlawan ini anda akan menyadari bahwa disini memiliki percampuran penduduk yang terdiri dari orang-orang asli Indonesia, Islam, Belanda dan Tionghoa. Satu-satunya masalah yang melanda kota ini adalah kemacetannya yang terkenal. Ketika anda berjalan melintasi jalan, anda akan menyadari bahwa kota ini memiliki perpaduan unik arsitektur kuno dan modern yang bersatu membentuk lanskap yang indah. Budaya kaya yang ada di kota inilah yang telah membawa saya ke sini pertama kali.

Saya mengunjungi beberapa taman botani yang tersebar luas di atas berhektar-hektar tanah, Museum Sampoerna, beberapa Masjid, Gereja dan pasar besar. Jadi jika anda ingin tahu lebih banyak tentang budaya Indonesia, saya akan mengatakan kepada anda bahwa Surabaya adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Kota ini terdiri dari berbagai pilihan akomodasi mewah seperti Sheraton dan J W Mariott. Akan sulit bagi anda yang memiliki anggaran minim untuk menemukan akomodasi disini karena beberapa hotel mewah bintang 7 yang muncul ada hampir di setiap jalan. Kamar tipe deluxe dapat merogoh kocek anda sekitar Rp 545.000,-. Tinggal di kota ini akan membuat lubang di kantong saya karena mahalnya akomodasi dan saya memutuskan untuk mengadakan tur singkat saja ke kota ini dalam satu hari penuh dan lebih memilihh untuk menuju ke tujuan saya berikutnya yang berangkat pada tengah malam.

Saya telah memesan tiket bus saya dari situs https://www.redbus.id/  saat saya baru saja tiba di Surabaya pada pagi hari agar saya dapat langsung pergi meninggalkan Surabaya pada tengah malam seperti yang sudah saya rencanakan sebelumnya di daftar rencana liburan saya. Saya pernah pergi ke Yogyakarta yang mana dulu masih merupakan kota yang relatif lebih kecil dan masih dalam pengembangan. Ini tidak menarik banyak turis yang bepergian ke Yogyakarta dan pada waktu itu hanya ada 2 Operator bus yang melayani rute ini. Hingga kini hanya kedua operator ini saja yang ada di situs web. Jarak antara 2 kota ini adalah sekitar 11 jam tetapi saya menemukan tiket bus cukup murah dan harga terjangkau seharga Rp 90.000,- sangat setimpal dengan waktu perjalanan yang lama. Operator Bus Eka memiliki sekitar 8 bus yang melakukan perjalanan dari Kota Pahlawan Surabaya ke Kota Pelajar Yogyakarta yang dimulai dari pukul 08.30 di pagi hari dan frekuensi bus ada setiap 3 jam sekali. Jadi jika anda bepergian dengan Operator ini anda dapat memilih waktu yang nyaman yaitu antara 20.30 dan 22.30 malam. Karena saya sedang dalam perjalanan antar kota yang pendek, saya memutuskan untuk memesan Bus pada pukul 22.30 malam sehingga saya bisa mendapatkan cukup waktu untuk tur ke seluruh bagian kota Surabaya dan kemudian menuju Yogyakarta. Rinjani adalah operator mewah yang menjalani rute di antara dua kota ini. Bagi mereka yang mencari kemewahan, Rinjani adalah salah satu Operator terbaik karena saya pernah bepergian dengan mereka pada beberapa waktu lalu. Namun, mereka hanya memiliki 2 bus yang berangkat, pertama pada pukul 19.00 malam dan yang lainnya pada pukul 21.00 malam. Tiketnya ditawarkan dengan harga yang sedikit lebih tinggi dan ini cukup jelas karena Operator ini menawarkan berbagai fasilitas mewah di dalam Bus.