Metaverse dan Video Game: Kolaborasi Platform Hiburan Masa Depan

Posted by MonsterAR on January 25th, 2022

Banyak analis percaya bahwa game metaverse akan merevolusi desain game, ekonomi, dan konten video game. Alhasil, layanan game yang sudah familiar saat ini akan berubah menjadi platform game yang dirancang untuk mensosialisasikan pengguna dan mengintegrasikan brand ke dalamnya. Berikut adalah manfaat dan peluang yang dapat ditawarkan metaverse dan video game kepada para gamer, serta apa yang dapat ditawarkan oleh game metaverse kepada pengguna dan perusahaan yang membuatnya.

Pentingnya Metaverse bagi Industri Game

Perkembangan metaverse menandakan pergeseran dari Game sebagai layanan menjadi Game sebagai platform. Selama dekade terakhir, game telah berkembang menjadi pengalaman kompleks yang mencakup bermain, menonton konten, dan berinteraksi dengan pengguna lain. Dalam konteks ini, metaverse adalah langkah selanjutnya untuk menciptakan pengalaman non-game yang baru.

Game berkembang menjadi platform tempat pengguna dan perusahaan individu yang berbeda dapat membuat dan memanfaatkan konten di luar produk inti. Itulah sebabnya penerbit saat ini menyelenggarakan konser dan peragaan busana virtual ke dalam proyek mereka, mengintegrasikan IP pihak ketiga ke dalamnya, dan menjalin kemitraan dengan merek lain. Pada saat yang sama, pemain menggunakan platform game sebagai tempat untuk ekspresikan diri. Mereka membuat proyek mereka sendiri, berinteraksi dengan pengguna lain dan mengatur event bersama.

Metaverse Merevolusi Industri Game

Metaverse akan mengubah masa depan game dengan berbagai cara:

  • Desain game — Selain mode pemain tunggal dan online yang sudah dikenal, game metaverse akan menawarkan pengguna peluang untuk interaksi kreatif dan sosial di luar gameplay inti.
  • Konten — Komunitas memainkan peran penting dalam pengembangan metaverse. Oleh karena itu, dalam proyek semacam itu, semakin banyak elemen yang terkait dengan kecerdasan buatan akan menyederhanakan pembuatan konten UGC dalam game.
  • Model bisnis — Metaverse game akan membuka peluang ekonomi baru bagi bisnis dan pengguna. Ini termasuk acara virtual, NFT, dan konsep seperti play-to-earn dan play-to-collect.
  • Pemasaran — Metaverse akan mendorong pertumbuhan integrasi iklan bawaan dalam game. Perusahaan akan dapat mengintegrasikan merek mereka ke dalamnya, menarik influencer, dan mempromosikan IP mereka sendiri menggunakan game platform.

Metaverse dan video game telah menjadi identik satu sama lain. Saat ini, mereka sedang bekerja untuk membangun pengalaman sosial yang terhubung di Fortnite, Rocket League, dan Fall Guys dengan beberapa teknologi game terkemuka. Selain game Metaverse Epic, ada juga game Metaverse Roblox. Mereka memiliki game-game menarik seperti Jailbreak, Murder Mystery 2, dan Adopt Me!

Jika Anda ingin memainkan game yang meniru kehidupan nyata, kami sarankan untuk mencoba Decentraland. Ini adalah permainan metaverse baru yang dimiliki sepenuhnya oleh pemain, yang dapat membeli dan menjual real estat digital, membangun, menyewakan, dan mengiklankannya, serta melakukan lebih banyak lagi seperti di dunia nyata.

Jika Anda ingin terhubung dengan teman melalui permainan sistem metaverse, Anda bisa mencoba Yield Guild Games (YGG). Game ini memungkinkan sekelompok pemain untuk berpartisipasi dalam game blockchain dari jarak jauh tanpa diharuskan berada di tempat yang sama seperti dulu. Anda dapat bersaing untuk mendapatkan hadiah, uang tunai/token, dan aset dalam game.

YGG bisa dikatakan sebagai Steam (Valve) versi game blockchain, di mana Anda dapat memainkan berbagai game seperti The Sandbox, Axie Infinity, dan banyak lagi.

Manfaat Metaverse bagi Game Developer

Pertama-tama, kita perlu memahami bahwa metaverse dan video game berjalan beriringan. Gamer senang berinvestasi dalam event virtual, skin, avatar, dan sebagainya. Pada kuartal kedua tahun 2021, pembelian mata uang virtual di Roblox naik 161% menjadi 652,3 juta USD. Orang-orang mulai mengembangkan koneksi yang lebih dalam dengan dunia digital melalui hal-hal seperti cryptocurrency, NFT, avatar, dan pengalaman bermain game yang imersif. Ketika orang semakin mengembangkan identitas digital mereka, mereka akan mencari platform yang akan menyediakan rumah bagi komunitasnya.

Metaverse dapat memberikan pengalaman unik kepada para gamer, memungkinkan perusahaan game developer menonjol dari pesaing. Jika kita melihat apa yang dilakukan oleh beberapa game metaverse populer, mereka mengizinkan pengguna untuk masuk ke satu game, dan di dalamnya Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman berbeda, dimana sebelumnya mereka harus menggunakan banyak game lain. Variasi itu bagus, tetapi ketika Anda memiliki satu judul besar yang mencakup banyak permainan, itu menyederhanakan banyak hal. Ada peluang sosial yang dikembangkan, satu antarmuka, dan kemampuan untuk bermain dengan teman dalam mode yang berbeda. Tidak ada ikatan untuk perangkat keras tertentu. Secara teori, ini adalah lintas platform antar game.

Whats Next?

Ketika kita membandingkan metaverse dan video game, terdapat beberapa faktor yang terlibat dalam pembuatan metaverse yang tidak ada di video game tradisional. Misalnya, Anda perlu membuat infrastruktur tulang punggung dan alat yang diperlukan, mencakup konektivitas, komputasi, dan antarmuka pengguna dan lingkungan virtual. Lingkungan 3D dan pemetaan geospasial membentuk jalinan Extended Reality (XR), yang mewakili kombinasi mixed reality (MR), augmented reality (AR), dan virtual reality (VR). Sebagian besar teknologi yang diperlukan untuk menciptakan ekosistem ini sudah ada, sementara yang lain masih dalam proses mengembangan. Selain itu, banyak layanan akan berkembang untuk membangun konten, memasarkannya, dan membuatnya dapat ditemukan.

Ke depannya, banyak platform skala besar perlu menyesuaikan model bisnis mereka untuk beroperasi dalam metaverse yang dapat dioperasikan. Privasi dan keamanan data juga akan sangat penting, mengingat sejumlah besar informasi pribadi yang berpotensi sensitif terlibat. Kekhawatiran lain berkisar pada kesehatan mental jika dunia maya membuat pengguna menghindar dari tanggung jawab dan interaksi dunia nyata.

Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal seperti keamanan data. Meskipun perusahaan dan organisasi terus merevolusi sistem keamanan TI mereka, privasi dan keamanan data telah lama menjadi perhatian pengguna di lingkungan online mana pun. Menenggelamkan ke dalam Metaverse akan membutuhkan metode keamanan yang berkembang ke tingkat yang benar-benar baru, setara dengan ruang Metaverse yang semakin berkembang.

Ini akan membutuhkan pembangunan metode baru data pribadi dan perlindungan privasi yang akan dapat menjamin keamanan identitas dan harta benda seseorang di dunia maya. Dengan itu, verifikasi pribadi mungkin sampai pada titik di mana pengguna harus memberikan lebih banyak data pribadi daripada yang diharapkan saat ini untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan memastikan sistem keamanan bekerja secara efisien untuk menjaga keamanan data pribadi.

Like it? Share it!


MonsterAR

About the Author

MonsterAR
Joined: June 10th, 2021
Articles Posted: 287

More by this author