Penjelasan Terlengkap Tentang Apa Itu Markerless Augmented Reality

Posted by MonsterAR on March 10th, 2022

Markerless Augmented Reality (AR) adalah metode pengenalan gambar yang paling banyak digunakan dalam aplikasi AR. Markerless AR mengacu pada aplikasi perangkat lunak yang tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya tentang lingkungan pengguna untuk melapisi konten 3D virtual ke dalam scene dan menempatkannya ke titik tetap dalam ruang.

Berikut adalah cara kerja, keunggulan, dan bagaimana industri dan perusahaan bisa mendapat manfaat augmented reality dari penerapan teknologi ini ke dalam produk dan layanan mereka.

Marker Based VS Markerless Augmented Reality

Dua cara paling umum untuk menikmati AR adalah melalui metode marker berbasis penanda dan tanpa penanda. Teknologi AR tahap awal adalah berbasis penanda. Namun, kini markerless AR menjadi metode pengenalan gambar yang disukai untuk aplikasi AR.

Aplikasi AR berbasis penanda menggunakan marker (gambar target) untuk menampilkan konten digital di lingkungan nyata pengguna. Penanda ini menentukan di mana aplikasi AR akan menempatkan konten 3D digital dalam bidang visual pengguna atau melalui umpan kamera.

AR tanpa penanda menempatkan objek 3D virtual di lingkungan fisik dengan bergantung pada kondisi di lingkungan nyata daripada mengidentifikasi penanda. Diferensiasi ini menghilangkan kebutuhan akan sistem pelacakan objek. Pengalaman AR tanpa penanda dimungkinkan karena perkembangan dalam kamera, sensor, prosesor, dan algoritma  yang mampu mendeteksi dan memetakan dunia nyata secara akurat.

Bagaimana Markerless Augmented Reality Bekerja?

Markerless AR menggabungkan data digital dengan input dari input real-time atau lingkungan nyata di ruang fisik. Teknologi ini menggabungkan grafik perangkat lunak, audio, dan video dengan kamera smartphone atau headset, giroskop, akselerometer, sensor haptic, dan layanan GPS untuk menampilkan grafik 3D di dunia nyata.

Markerless AR mendeteksi objek atau titik karakteristik scene tanpa pengetahuan sebelumnya tentang lingkungan, seperti dinding atau titik persimpangan. Teknologi ini sering dikaitkan dengan efek visual yang menggabungkan grafik komputer dengan citra dunia nyata. Sistem tanpa penanda pertama menggunakan layanan lokasi perangkat dan perangkat keras untuk berinteraksi dengan sumber daya AR yang tersedia dan menentukan lokasi dan orientasinya.

Pengembangan teknologi simultan lokalisasi dan pemetaan (SLAM) meningkatkan akurasi analisis gambar AR tanpa penanda. Pelacakan gambar tanpa penanda SLAM memindai lingkungan dan membuat peta tempat menempatkan objek 3D virtual. Bahkan jika objek tidak berada dalam bidang pandang pengguna, objek tersebut tidak bergerak saat pengguna bergerak, dan pengguna tidak perlu memindai gambar baru.

Markerless Augmented Reality Berbasis Lokasi

AR berbasis lokasi menggabungkan objek 3D virtual ke dalam ruang fisik pengguna. Teknologi ini menggunakan lokasi dan sensor perangkat untuk menyatukan objek ke tempat tujuan.

Lingkungan sekitar Anda menjadi hidup, berdasarkan ke mana Anda melihat. Sensasi game seluler Niantic, Pokémon GO, menggunakan teknologi AR berbasis lokasi tanpa penanda. Game ini memiliki lebih dari 1 miliar unduhan di seluruh dunia.

Munculnya sistem kamera canggih, sistem operasi seluler (OS), dan teknologi sensor di perangkat seluler yang sudah tersedia di manapun membantu membuat aplikasi AR canggih lebih mudah diakses. Siapa pun yang memiliki smartpone atau tablet modern yang menjalankan OS Android atau iOS terbaru dapat menikmati markerless augmented reality.

Dengan peta area, aplikasi berkemampuan AR dapat menempatkan objek virtual ke dalam konteks nyata dan membuatnya tetap diam tanpa memerlukan gambar target.

Keunggulan Markerless Augmented Reality

AR tanpa penanda menghilangkan kebutuhan penanda fisik untuk memicu interaksi virtual. Berikut adalah kelebihan augmented reality berbasis markerless:

  • Meningkatkan rentang gerak rata-rata saat mengalami AR secara signifikan.
  • Dapat menginisialisasi aplikasi di mana saja dengan perangkat genggam atau kacamata AR.
  • Dapat berbagi pengalaman dengan orang lain.
  • Memiliki bidang pandang yang lebih luas untuk konten AR.

Dengan peta area, aplikasi berkemampuan AR memungkinkan untuk menempatkan objek virtual ke dalam konteks nyata dan membuatnya tetap di tempat tanpa gambar target. Misalnya, pengguna dapat berjalan di sekitar area terbuka mana pun (sekitar 3-4 meter untuk sebagian besar lokasi dalam ruangan) jauh melampaui jangkauan AR berbasis penanda yang tersedia saat ini.

Penerapan Markerless Augmented Reality

Pelacakan tanpa penanda yang berpusat pada pengguna di headset VR akan memfasilitasi lingkungan virtual tanpa batas yang dapat beradaptasi dengan berbagai penggunaan komersial. Aplikasi perangkat lunak AR tanpa penanda yang melacak gerakan di dalam ruang memiliki potensi besar untuk memengaruhi kendaraan otonom dan teknologi robotika.

Bayangkan kursi roda bermotor yang ditingkatkan dengan teknologi pelacakan tanpa penanda yang terintegrasi. Pengguna kursi roda dapat menavigasi dunia fisik dengan penghindaran rintangan bawaan dan fitur pencarian jalan yang aman. Mereka akan menggunakan headset dengan pelacakan mata terintegrasi dan cukup dengan melihat tempat di depan mereka saja untuk mengaktifkan. Kendaraan otonom dapat menggunakan inovasi yang sama untuk navigasi.

Markerless Augmented Reality dalam Industri

Ritel, pendidik, dan pengembang game adalah contoh industri yang mengadopsi teknologi AR tanpa penanda. Semakin banyak adopsi teknologi AR/VR dalam industri, lebih banyak data dan umpan balik akan memberdayakan desainer dan pengembang untuk membuat lebih banyak kasus penggunaan untuk konsumen.

Berikut adalah beberapa industri yang merangkul teknologi Markerless Augmented Reality:

  • Gaming: Markerless AR telah memberikan pengaruh yang paling signifikan dalam industri video game, namun ini masihlah tahap awal evolusinya. Sejak rilis Pokemon Go, aliran game AR yang stabil menghantam pasar. ARKit/ARCore memungkinkan untuk membuat game dunia nyata multi-pengguna dengan konten 3D yang tetap. Microsoft HoloLens dan Oculus dari Facebook memimpin pasar untuk game dan komunikasi AR headset. Raksasa teknologi ini terus mengembangkan game dan aplikasi baru.
  • Desain Interior: AR tanpa penanda memungkinkan penggunaan perangkat seluler untuk memindai lingkungan dunia nyata seperti dapur atau ruang tamu, dan secara virtual menempatkan alat atau sofa di ruang nyata. Pembeli dapat mensimulasikan perabotan seluruh ruangan secara virtual, menukar gaya kabinet dan lantai untuk melihat cara kerjanya sebelum membeli. Macy\'s, Amazon, IKEA, dan Ashley Furniture hanyalah beberapa contoh brand yang menggunakan desain AR dan visualisasi produk untuk memberi konsumen kebebasan berbelanja dan mendesain di dalam rumah mereka. Contoh lainnya yang lebih besar adalah penerapan AR untuk strategi marketing properti.
  • Ritel: Amazon sedang mengembangkan AR untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan meningkatkan pengalaman belanja online untuk barang-barang rumah tangga seperti furnitur. Di masa mendatang, AR tanpa penanda mungkin menampilkan pembelian bernilai tinggi kepada pembeli dalam 3D sebagai versi lanjutan dari pengalaman coba sebelum Anda membeli. Kemampuan untuk berinteraksi dan mencoba produk seperti perhiasan, kosmetik, dan pakaian secara virtual sebelum menekan tombol beli dapat menjembatani kesenjangan bagi pembeli yang ragu untuk membeli produk tersebut secara online. Selain Amazon, Wayfair, Walmart, Made.com, dan Alibaba adalah beberapa perusahaan yang berinvestasi untuk pengalaman AR tingkat lanjut.
  • Periklanan: Iklan AR mulai hidup sebagai iklan cetak berbasis pelacak: Pengguna akan meletakkan perangkat mereka di atas iklan, dan karakter 3D akan muncul. Teknologi ini menghidupkan strategi pemasaran produk dari media cetak yang statis menjadi interaktif dan hidup ke dunia nyata. Perusahaan yang sudah menggunakan iklan AR termasuk Wayfair, NBA, Sephora, dan Gucci. Pengalaman memberikan faktor pembeda untuk merek-merek besar ini. Kemungkinan dengan iklan AR akan menjadi lebih signifikan ketika perangkat wearable menjadi lebih mainstream.
  • Pendidikan: Kemampuan markerless AR untuk melapisi informasi digital ke dunia nyata adalah anugerah bagi pendidik yang menggunakan teknologi ini untuk menggambarkan konsep yang kompleks. Aplikasi seperti Anatomy Now (untuk siswa yang belajar tentang tubuh manusia) atau Elements 4D (untuk mereka yang belajar kimia) adalah beberapa contoh di antaranya. Digitalisasi museum menggunakan AR untuk mendukung pameran fisik mereka dengan konten digital yang interaktif dan bermanfaat. Perusahaan dan militer AS menggunakan Microsoft HoloLens untuk melakukan latihan dan pengalaman dalam segala hal mulai dari memperbaiki mesin pesawat hingga pengobatan dan keselamatan.
  • Perawatan Kesehatan: Bayangkan sebuah aplikasi yang menampilkan zona warna berbeda untuk menunjukkan kedekatan dengan wabah flu dan virus. Pejabat kesehatan mengeluarkan peringatan kesehatan masyarakat kepada populasi berisiko melalui aplikasi seluler secara real-time menggunakan GPS pada ponsel cerdas mereka. Ahli bedah dapat melapisi model 3D anatomi manusia pada pasien untuk melakukan operasi dengan bantuan virtual menggunakan AI yang powerful sementara ahli bedah yang hadir dari jarak jauh mengawasi secara real-time.
  • Pariwisata: Aplikasi AR berbasis lokasi membantu pelancong menavigasi tujuan di luar Negeri. Pelancong ke Yunani atau Mesir dapat menggunakan AR untuk mengalami landmark terkenal seperti Parthenon dan piramida. Aplikasi AR dapat menampilkan struktur seperti yang dilihat oleh penduduk yang hidup ribuan tahun yang lalu. Pengguna yang lebih menyukai kamar hotel kelas atas dapat mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik dan menikmati pemandangan tanpa harus meninggalkan kamar mereka. Situs web perjalanan online dapat memandu Anda melalui tur virtual tujuan Anda selanjutnya saat Anda sedang duduk di depan komputer.
  • Hiburan: Ketersediaan konten streaming on-demand serta audio dan video HD telah mengubah cara kita mengonsumsi film dan musik. AR tanpa penanda dapat menciptakan evolusi hiburan rumah selanjutnya dengan menata ulang konser langsung dan acara olahraga. Bayangkan menyaksikan artis atau atlet favorit Anda di dalam ruangan saat mereka tampil di panggung secara live.

Penerapan Markerless Augmented Reality

Markerless AR adalah industri bernilai miliaran dolar berkat keberhasilan Pokémon Go dan lebih banyak penelitian dan pengembangan. Berikut daftar perusahaan yang menggunakan teknologi tersebut:

  • Wayfair: Perabotan dan visualisasi desain interior 3D
  • National Basketball Association (NBA): Aplikasi Mobile NBA AR menyediakan konten on-demand yang unik, termasuk pengalaman di balik layar, intro pemain, dan perayaan pasca-pertandingan.
  • Sephora: Cermin pintar AR di dalam toko sehingga pelanggan dapat mencoba produk.
  • Microsoft: TeamViewer mendukung koneksi AR dalam Teams sehingga pengguna dapat berkolaborasi dalam tugas fisik secara real-time.
  • Alibaba: Belanja AR yang menampilkan hologram 3D produk dan model virtual untuk memamerkan pakaian dan aksesori.
  • Cirque du Soleil: Perusahaan pertunjukan bermitra dengan HoloLens untuk merancang set dan merencanakan koreografi pertunjukan dari jarak jauh.
  • Scope AR: Perusahaan membuat manual instruksi AR tanpa kode, termasuk teks deskriptif, gambar, video, model 3D, dan animasi untuk petunjuk arah holografik tanpa penanda secara hands-free.

Masa Depan Markerless Augmented Reality

Dokter, desainer, insinyur, pemasar, dan produsen akan menggunakan platform komputasi AR untuk meng-host ruang proyek virtual dan berkolaborasi menggunakan avatar virtual secara real-time. Melakukan pekerjaan di semua zona waktu menggunakan informasi 3D untuk meninjau dan proyek lingkup tanpa persyaratan perjalanan memiliki implikasi yang luar biasa dalam ekonomi pasca-pandemi. Saat Anda beralih dari umpan video sederhana ke avatar virtual yang bergerak, berkolaborasi, dan berkomunikasi di ruang virtual yang sama. Jasa pembuatan AR meningkatkan kemungkinan alur kerja yang rumit menjadi lebih sederhana dan kolaborasi sinkron yang sebelumnya disediakan untuk pertemuan tatap muka menjadi lebih efisien walau kerja dari jarak jauh.

Like it? Share it!


MonsterAR

About the Author

MonsterAR
Joined: June 10th, 2021
Articles Posted: 80

More by this author