Manfaat Video Company Profile Yang Akan Dongkrak Popularitas Bisnis Kamu

Posted by MonsterAR on September 30th, 2022

Sobat Kreatif, untuk meningkatkan engagement brand dan kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang kamu kelola, maka penggunaan video marketing adalah salah satu langkah yang tepat. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan multimedia, metode pemasaran yang efisien dan efektif turut mengalami perubahan. Termasuk dengan manfaat video company profile yang demikian powerful bagi sebuah bisnis.  

Harus diakui jika pemasaran dengan pemanfaatan teknologi digital, saat ini menjadi alternatif pilihan yang sangat tepat dan efektif. Salah satu cara yang dipilih untuk meningkatkan brand awareness kepada publik adalah dengan membuat video company profile. Manfaat video company profile ini sangat besar, yaitu untuk memperkenalkan badan usaha maupun bisnis yang sedang dijalankan. 

Perlu diketahui jika para pebisnis saat ini, telah memilih media digital seperti YouTube, instagram, facebook, dan lain sebagainya, untuk memberikan informasi menarik seputar perusahaan yang dikelola. Tentu bukan tanpa alasan, mengingat perkembangan jejaring sosial media dan komunikasi digital telah mengalami perkembangan yang sangat pesat akhir-akhir ini.  

‍Mengenal Video Company Profile

Video marketing memberikan peluang besar bagi sebuah brand dalam menciptakan daya tarik yang lebih luas dan efektif, untuk menjaring minat konsumen potensial. Dengan pola pikir tersebut, maka muncullah kebutuhan untuk memproduksi suatu video company profile.

Video company profile adalah suatu rangkuman singkat berisi informasi mengenai brand secara menyeluruh dan produk atau layanan apakah yang akan ditawarkan kepada konsumen. Video company profile dapat dikemas dengan gaya interview, ilustrasi cerita, atau bahkan direkam dengan gaya film dokumenter.

Tentunya pembuatan video company profile ini tidak sebatas hanya pada sajian yang telah diungkapkan di atas, namun banyak hal yang dapat dilakukan supaya sebuah video company profile dapat menjadi lebih menarik. Yang terpenting dan harus diperhatikan adalah video company profile tersebut dapat menarik perhatian banyak penonton dalam 5 detik pertama. 

Sebagai catatan, lazimnya video company profile yang baik adalah dapat menjelaskan informasi secara padat dan jelas tentang perusahaan atau brand yang kamu miliki, apa tujuannya, apa layanan dan produk yang ditawarkan perusahaan, serta apa nilai yang dijunjung oleh perusahaanmu.  

Video company profile yang baik, akan membuka kesempatan menarik perhatian konsumen yang potensial. Yang akhirnya akan menjadi konsumen yang loyal terhadap brand yang kamu bangun. 

Manfaat Video Company Profile bagi Bisnis

Karena video company profile memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mengubah perilaku konsumen potensial menjadi konsumen yang loyal terhadap brand yang kamu bangun, maka Sobat Kreatif harus tahu alasan-alasan sebuah perusahaan atau bisnis harus membuat video company profile, di samping manfaat yang didapatkan karenanya. Lebih jelasnya, simak penjabaran berikut ini: 

1. Pesan Jauh Lebih Menarik

Manfaat yang pertama adalah pesan yang disampaikan kepada audiens akan jauh lebih menarik. Dengan menonton sebuah video company profile, maka audiens akan menggunakan imajinasi mereka dalam membayangkan sebuah gambaran perusahaan atau bisnis dan tentunya akan berekspektasi terhadap brand melalui kisah dalam video company profile yang disampaikan secara kreatif dan menarik. Sehingga pesan yang disampaikan kepada khalayak, jauh lebih menarik daripada konten yang mengharuskan audiens untuk membaca. 

Harus diakui jika lebih banyak orang yang tertarik untuk menonton video daripada membaca sebuah profil perusahaan yang disajikan melalui tulisan di website, dan media lainnya. Video, merupakan sarana yang sangat tepat untuk membangun brand awareness suatu perusahaan secara all in one package. Mengapa all in one package? Karena di dalam video company profile, terdapat beraneka ragam informasi terkait perusahaan atau bisnis, seperti visi & misi atau nilai perusahaan, produk atau layanan, pencapaian perusahaan, SDM, dan isi cerita video company profile.

2. Sarana Penyampaian Informasi Yang Efisien

Manfaat yang kedua adalah efisiensi waktu. Menggunakan video sebagai media untuk memberikan informasi yang lebih banyak kepada audiens dalam waktu yang jauh lebih singkat merupakan suatu langkah yang tepat dan efektif. Sama seperti yang dijelaskan di atas, jika suatu video company profile memuat informasi yang beragam dan kompleks dalam kemasan yang kreatif, sehingga tulisan, suara, dan gambar, disajikan secara bersamaan. Dengan demikian, kreativitas akan lebih mudah untuk dituangkan.

3. Memiliki Banyak Ruang Untuk Kreativitas

Manfaat selanjutnya adalah memiliki banyak ruang untuk berkreativitas dalam penyajian video company profile. Proses pembuatan video company profile tentunya membutuhkan banyak ide dan juga hal-hal yang bersifat kreatif. Apabila company profile hanya berupa tulisan dan gambar desain saja, maka proses penuangannya dalam bentuk jadi, akan memakan waktu yang lama dan menyulitkan proses kerja. Beda halnya ketika bentuk jadi tersebut berupa video. Selain itu, bisnis owner juga dapat memodifikasi cerita yang ada atau menambahkan editing yang unik, supaya memberikan kesan video yang lebih menarik. Maka hal inilah yang mendasari, mengapa video company profile menjadi pilihan paling tepat untuk menunjukkan kreativitas suatu perusahaan atau bisnis. 

4. Meningkatkan Image Perusahaan

Dengan membuat video company profile sendiri, berarti menunjukkan bahwa suatu perusahaan atau bisnis sungguh-sungguh dalam menjalankan bisnisnya. Apabila video company profile yang diproduksi tersebut memiliki kualitas yang baik dan berkesan, maka pandangan audiens terhadap perusahaan atau bisnis yang kamu kelola juga akan semakin positif. Tentunya hal ini akan memberikan dampak yang positif dan baik terhadap bisnismu. 

5. Mudah Dibagikan di Berbagai Platform

Manfaat video company profile selanjutnya adalah dapat dengan mudah dibagikan kepada khalayak melalui berbagai platform yang ada. Hampir semua platform sosial media, kini menyediakan fitur konten berupa video. Hal ini pastinya, akan memungkinkan bagi kamu untuk membagikan konten video company profile bisnis milikmu baik di website ataupun di sosial media. Contohnya, jika sebelumnya video company profile milikmu hanya dapat ditampilkan di dalam rapat pemegang saham, atau pada saat presentasi dengan klien, maka kedepannya video milikmu dapat menjadi sarana promosi yang menarik bagi para investor.

6. Membangun Kepercayaan Konsumen Terhadap Brand

Company profile yang dikemas dalam bentuk video, akan menjadi pengantar yang ideal bagi konsumen yang sebelumnya tidak mengenal brand milikmu. Selain penuturan cerita sebuah brand, video company profile dapat menciptakan kepercayaan konsumen terhadap brand milikmu dengan cara membiarkan audiens melihat sekilas apa yang terjadi di belakang layar bisnis dan bagaimana proses kerja bisnis milikmu. Tidak hanya sebatas membangun kepercayaan terhadap brand, tetapi video company profile yang baik dapat pula membuka peluang bagi brand, sehingga tampak lebih menonjol dengan menjelaskan keunikan proses kerja dan produk, serta layanan yang ditawarkan.

7. Meningkatkan SEO Website

Memasukkan video company profile di situs website dapat berdampak positif terhadap Search Engine Optimization (SEO). Video terbukti dapat meningkatkan traffic suatu situs web dengan pencarian secara organik. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan yang besar, terutama pada saat konsumen tengah mencari produk atau layanan yang ditawarkan secara online. 

Di samping itu, rata-rata pengguna internet menghabiskan sekitar 88 persen waktu yang lebih lama untuk berselancar di dunia maya, terutama mengunjungi situs-situs web yang menyertakan video di dalamnya. Hal ini menandakan jika konsumen akan lebih aware terhadap brand kamu dan akan membuatnya lebih mudah diingat oleh konsumen pada saat mereka memutuskan akan membeli sesuatu.

Kemasan company profile berbentuk video sudah sangat tepat digunakan bagi perusahaan yang hendak menjalankan marketing secara B2B. sekitar 65 persen pembuat keputusan bisnis cenderung mengunjungi situs sebuah brand setelah mereka menonton video company profile yang disajikan. Tentu ini merupakan sebuah peluang untuk mendapatkan pelanggan potensial.

8. Meningkatkan Performa E-Mail Marketing

Salah satu cara untuk menjangkau calon konsumen suatu brand adalah dengan e-mail. Email merupakan cara untuk menghasilkan leads baru, dengan catatan tentunya harus memastikan bahwa e-mail yang dikirim benar-benar dibaca oleh calon konsumen. Faktanya video company profile dapat sangat berguna dalam meningkatkan performa e-mail marketing. Ketika memasukkan video dalam paragraf awal e-mail, maka hal ini akan meningkatkan rasio klik hingga 96 persen. Sehingga dapat disimpulkan jika manfaat video company profile dapat meningkatkan konversi penjualan melalui e-mail marketing yang dikirimkan kepada calon konsumen, karena dapat menjelaskan bisnis yang kamu jalankan.

Kesimpulan

Mengingat sebanyak 63 persen pelaku bisnis atau usaha saat ini menggunakan video sebagai bagian dari integral dalam strategi marketing, maka keberadaan video company profile menjadi suatu hal yang esensial bagi sebuah brand. Tentu saja terdapat banyak cara untuk menggunakan video dalam membantu meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan secara online. 

Namun, di antara semua pilihan jenis video, company profile merupakan video paling fleksibel dan berguna, karena memberikan informasi mengenai brand milikmu secara ringkas, serta menjadi katalis pengambilan keputusan konsumen. Pada akhirnya, video company profile akan secara langsung berdampak terhadap pertumbuhan bisnis yang kamu jalankan.

Untuk membantu meningkatkan bisnis yang kamu miliki, sudah seyogyanya jika kamu mulai mempersiapkan bagaimana video company profile yang akan kamu tayangkan di platform-platform media dapat membangun brand milikmu dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, produk atau layanan milikmu akan dibeli atau dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Like it? Share it!


MonsterAR

About the Author

MonsterAR
Joined: June 10th, 2021
Articles Posted: 107

More by this author