Contoh Metaverse Lengkap dengan Cara Daftar dan Peluang Investasinya

Posted by MonsterAR on November 30th, 2022

Istilah Metaverse semakin populer sejak pertama kali dipopulerkan oleh Mark Zuckerbeg pada Oktober 2021 usai Meta dinyatakan sebagai rebranding Facebook. Contoh Metaverse menjadi salah satu sub-topik yang banyak dicari untuk mengetahui penerapannya di kemudian hari.

Metaverse merupakan lompatan cukup besar dari pengalaman menggunakan Internet nantinya. Banyak perusahaan yang telah menginisiasi Metaverse agar dunia baru virtual menjadi jauh lebih interaktif dan canggih.

Pengertian Metaverse

Kata Metaverse berasal dari kata “meta” dan “verse”. Arti “meta” sendiri berarti melampaui sedangkan “verse” merujuk pada alam semesta. Tidak salah jika inovasi metaverse digadang-gadang akan menawarkan dunia yang sangat inovatif dan kreatif. Imajinasi kita akan coba diwujudkan menjadi dunia Metaverse.

Dalam dunia Metaverse, para pengguna akan bisa berkumpul dan saling berinteraksi menggunakan avatar. Layaknya di dunia nyata, mereka akan bisa berkomunikasi hingga bertransaksi jual-beli. Koneksi mereka bahkan akan berupa NOC otonom dan teknologi hologram.

Tidak hanya dari segi ekonomi, dunia Metaverse akan menyaksikan penggunanya bekerja, bermain, hingga mengunjungi tempat bersejarah tanpa meninggalkan kursi mereka. Hasil survei Statista pada 4 Februari 2022 menyatakan 52% responden mengatakan mereka ingin memasuki dunia Metaverse untuk merasakan pengalaman kerja di dunia virtual.

Contoh Metaverse

Dengan konsep yang begitu menjanjikan, lalu seperti apa contoh Metaverse untuk berbagai lini bisnis? Berikut ide penerapannya.

1. Meta

Perusahaan ini terang-terangan menyebut ingin mengembangkan Metaverse. Besutan Mark ini sedang menggarap aplikasi Metaverse yang memuat konsep 3D atau tiga dimensi. Mark menyebut adanya konsep ini akan membantu orang merasakan kehadiran orang lain, berada di tempat lain, dan merasakan pengalaman yang tidak bisa dinikmati di aplikasi atau laman web 2 dimensi. Contoh Metaverse yang tengah dikerjakan Meta adalah platform “kantor tanpa batas” melalui virtual reality atau VR. Konsep ini menawarkan pengalaman seolah-olah pergi ke kantor sungguhan meski sebenarnya duduk sebagai hologram di kursi sofa.

2. Microsoft

Tidak ketinggalan dengan Facebook, Microsoft menawarkan contoh Metavese yang tidak kalah uniknya. Perusahaan teknologi software ini telah memakai hologram dan tengah mengerjakan aplikasi Mixed and Extended Reality atau XR via Microsoft Mesh. Konsep yang diusung adalah perpaduan augmented reality and virtual reality serta dunia nyata. Bahkan, hologram dan avatar virtual akan dihadirkan untuk Microsoft Teams.

3. Game Epik

Contoh Metaverse selanjutnya adalah game epik untuk mengembangkan manusia digital fotorealistik dengan MetaHuman Creator. Teknologi ini akan membantu dalam mencocokkan doppelganger digital di game dunia terbuka di masa depan.

4. Roblox

Roblox dibuat pada 2004. Contoh Metaverse ini telah mengakomodir banyak game buatan pengguna, yang mencakup penawaran permainan peran, seperti Bloxburg dan Brookhaven. Roblox memfasilitasi penggunanya dalam membangun rumah, bekerja hingga bermain cerita tertentu.

Platform untuk Menjajal Metaverse

Saat ini, sudah ada banyak platform Metaverse dimana kita bisa bertransaksi, membeli aset tanah dan lainnya. Berikut yang bisa dicoba:

1. The Sandbox

Yang ingin melakukan jual-beli properti, The Sandbox menawarkan transaksi lahan virtual memakai kripto SAND and Ethereum. Pilihan lainnya, pengguna bisa langsung masuk ke website Map of the Sandbox. Tidak hanya tawaran tanah untuk dibeli, platform ini memuat informasi waktu penjualan dan transaksinya secara otomatis.

2. Decentraland

Selain The Sandbox, Decentraland menawarkan platform membeli lahan digital memakai cryptocurrency. Relatif gampang untuk mulai menggunakannya. Pertama-tama, daftar terlebih dahulu membuat akun. Setelahnya, pilih paket lahan yang akan dibeli lalu jika sesuai, lanjutkan dengan melakukan transaksi pembelian.

3. Axie Infinity

Axie Infinity lebih beragam pilihannya. Sama-sama menawarkan jual-beli tanah virtual, platform ini mempunyai empat jenis lahan, yaitu Savannah, Hutan, Arktik, dan Mystic. Setiap lahan tersebut mempunyai poin khusus yang dapat digunakan untuk bermain game di dunia virtual.

Cara membeli tanah di sini adalah sebagai berikut. Buatlah akun terlebih dahulu dan akun Ethereum. Kemudian, pergilah ke pasar Axie Infinity untuk mencari lahan. Buka menu lalu pilih lahannya. Jangan lupa untuk membaca secara terperinci harga dan siapa pemilik lahan itu.

Meski belum digunakan sepenuhnya saat ini, Metaverse akan menjadi masa depan teknologi yang penting bagi kita. Semoga pembahasan di atas, termasuk contoh Metaverse, bermanfaat bagi Anda.

Like it? Share it!


MonsterAR

About the Author

MonsterAR
Joined: June 10th, 2021
Articles Posted: 250

More by this author