Fungsi Virtual Reality, Keunggulan, Contoh, dan Cara Kerjanya

Posted by MonsterAR on February 7th, 2023

Fungsi virtual reality saat ini semakin terasa nyata manfaatnya di rasakan oleh bisnis dari berbagai industri, berkat kemajuan teknologi selama 20 tahun terakhir ini yang begitu pesat dan luar biasa. Jika dulu kita hanya mengenal permainan seperti ding dong, sega, nintendo dan PlayStation dan umumnya menggunakan televisi sebagai perangkat untuk melihat karakter yang kita mainkan. Sekarang kita telah disuguhkan begitu banyak perkembangan teknologi dalam perangkat hardware kita. Seperti contohnya adalah teknologi Virtual Reality (VR) yang termasuk dalam kategori canggih dan beredar luas di Indonesia.

Teknologi VR memberikan pengetahuan kepada kita mengenai cara untuk berevolusi dalam bidang teknologi. Meski biasanya dianggap sebagai buatan saja, tetapi simulasi yang dihasilkan oleh komputer dalam kehidupan nyata begitu menenggelamkan pengguna ketika mengalami realitas yang disimulasikan secara langsung terutama ketika menstimulasikan penglihatan dan pendengaran mereka melalui Head Mounted Display (HMD).

Apa itu Virtual Reality?

Teknologi yang sedang tren dan diprediksi akan terus berkembang hingga 20 tahun ke depan ini telah merambah ke berbagai bidang industri maupun bisnis. Virtual reality adalah sebuah mekanisme digital dari ujung ke ujung yang meniru lingkungan alami kita, melalui pemrograman komputer. Di dalam virtual reality, representasi manusia yang hidup dan bereaksi dengan objek virtual dihubungkan melalui headset VR untuk melakukan tugasnya sehari-hari. Bahkan beberapa teknologi VR yang ada telah dilengkapi dengan komputasi cloud, Artificial Intelligence (AI), dan rangsangan multisensor manusia.

Fungsi Virtual Reality

Pertumbuhan tren telah banyak membuat pelaku marketing untuk memikirkan aktivitas yang berbeda untuk memberikan dampak yang lebih besar. Salah satu penerapan dari fungsi virtual reality di berbagai aspek kehidupan adalah aktivitas dunia marketing.

Mengapa teknologi VR banyak digunakan dalam bidang marketing? Sebab, bidang marketing ataupun promosi merupakan bidang yang langsung bersinggungan dengan konsumen atau klien. Sehingga dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi klien maupun end user. Tak hanya membuat marketing akan menjadi semakin efektif, tetapi penggunaan teknologi VR ini dapat membuat sebuah brand identity akan semakin kuat di hadapan konsumen.

Tetapi bukan hanya bidang marketing saja yang dapat mengambil manfaat dari teknologi imersif ini, berikut ini adalah fungsi virtual reality lainnya yang tidak akan Anda sangka-sangka :

1. Pelatihan dan Simulasi

Siapa sangka jika dalam dunia medis, virtual reality dapat dimanfaatkan untuk keperluan pelatihan medis. Dengan penggabungan peralatan di dunia nyata dengan dunia virtual, maka terciptalah sebuah simulasi pengobatan medis profesional untuk penanganan hal-hal sulit yang dilakukan secara langsung. Bahkan, tingkat akurasi dari simulasi tersebut sangat tinggi.

2. Pelatihan Militer

Tidak berbeda jauh dengan simulasi pelatihan medis, fungsi virtual reality juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan simulasi dalam dunia militer. Dalam prakteknya, hal-hal yang sering diuji cobakan adalah mengenai pelatihan menembak, pelatihan strategi hingga simulasi menjinakkan bom.

3. Untuk Mendesain Otomotif

Fungsi virtual reality selanjutnya adalah untuk mendesain detail sebuah mesin kendaraan. Sejak beberapa tahun sebelumnya, pabrikan otomotif terkenal di dunia “Ford”, telah menggunakan teknologi VR di dalam laboratorium milik mereka.

4. Pendidikan

Penerapan fungsi virtual reality selanjutnya adalah dalam bidang pendidikan. Saat terdampak covid 19 lalu, dunia mulai menerapkan sistem kegiatan belajar secara online. Dengan menggunakan teknologi VR, maka pemberian materi belajar dapat dilakukan menggunakan interaksi dunia virtual. Tidak hanya itu, para siswa juga dapat mengikuti berbagai kegiatan simulasi yang dapat melatih pola berpikir mereka melalui dunia virtual yang terhubung dengan media headset VR.

5. Desain Arsitektur

Memang tidak mudah membuat sebuah bangunan secara presisi. Oleh karena itulah, untuk meminimalisir kesalahan perancangan bangunan, dapat dilakukan dengan teknologi VR yang dapat disimulasikan pembangunannya secara virtual terlebih dahulu sebelum dibuat versi asli bangunannya.

6. Industri Medis dan Kesehatan

Virtual reality juga telah memasuki bidang medis dan kesehatan. Meski terdengar asing di telinga kita, namun faktanya VR telah banyak memberikan kontribusi dalam berbagai aspek medis lho! Beberapa fungsi virtual reality yang dimanfaatkan diantaranya adalah:

  • Pelatihan Medis

VR digunakan sebagai salah satu metode pelatihan medis untuk melatih para calon dokter, VR ini memberikan gambaran yang sangat nyata bagi calon dokter, karena seolah-olah sedang melakukan operasi terhadap manusia. Langkah ini diluncurkan oleh Johnson & Johnson Institute pada 2018 dengan peluncuran program global pelatihan VR untuk medis.

  • Pain management

Dengan terapi virtual reality, maka rasa nyeri yang Anda rasakan menjadi tidak terlalu terasa pasca menjalani operasi medis lho! Percaya atau tidak, memang saat ini VR telah dimanfaatkan untuk terapi pain management atau disebut juga VR Theraphy. Penggunaannya pun mudah, Anda hanya diminta untuk menggunakan VR headset pada saat menjalani operasi atau pasca operasi.

  • Kedokteran gigi

Dalam kedokteran gigi atau dentistry, VR telah aktif digunakan untuk pembelajaran atau penanganannya terhadap pasien. Hal ini berlatar belakang sebuah riset di Amerika yang membuktikan jika 20% masyarakat Amerika takut pergi ke dokter gigi karena sakit dan cemas yang berlebih. Ketika VR hadir untuk mengatasi masalah tersebut, maka kini banyak pasien yang lebih berani untuk periksa dan berobat gigi ke dokter dengan bantuan VR headset untuk mendistraksi rasa sakit dan rasa nyeri berlebihan. Selain itu, teknologi VR ini dikembangkan untuk pelatihan kurikulum pendidikan calon dokter gigi secara virtual. Mengingat praktik kedokteran gigi cukup berisiko dan sulit jika dilakukan secara langsung.

7. Industri Hiburan

Fungsi virtual reality yang terakhir ini memang tidak asing bagi kita semua yaitu di bidang hiburan. Industri hiburan telah banyak menggunakan teknologi virtual reality dalam berbagai lini layanan dan produknya. Beberapa contohnya adalah VR game, VR museum, VR projection mapping, dan lain sebagainya. Dengan virtual reality, maka pengguna dapat masuk ke dalam dunia virtual yang menyuguhkan berbagai interaksi baru yang dapat diexplore melalui headset VR.

Keunggulan Virtual Reality

Di samping fungsinya, virtual reality juga memiliki banyak keunggulan di antaranya dapat menyederhanakan tugas-tugas yang kompleks dengan menggunakan berbagai aspek yang ada di dalam komputer, seperti merancang bangungan gedung, hotel, dan denah rumah. Kemudian juga bisa untuk melakukan gerakan yang rumit seperti mengemudikan pesawat terbang dengan VR simulator plane. Virtual reality juga dapat dijadikan sebagai jalan keluar bagi sebagian orang untuk mengusir kebosanan dengan memainkannya melalui VR game dengan berbagai tema.

Contoh Virtual Reality

Beberapa contoh perangkat virtual reality yang beredar di masyarakat, diklaim akan terus berkembang dan diperbarui. Namun sebelumnya Anda pun perlu mengenal beberapa contoh perangkat VR tersebut seperti berikut ini.

1. Cardboard Camera

Perangkat VR ini memiliki keunggulan dapat dilihat dari berbagai sudut, sebab memfoto dengan fitur panorama indah bersudut 360 derajat. Perangkat VR ini juga dapat merekam suara sehingga Anda dapat merasakan kembali apa yang pernah Anda rasakan pada saat mengambil gambar tersebut, di lokasi mana Anda sedang berlibur. Oleh karena itu, ketika Anda sedang berlibur bersama keluarga, maka perangkat cardboard camera ini tidak boleh Anda lewatkan untuk dibawa.

2. VRSE

VRSE adalah perangkat VR yang dapat memberikan pengalaman luar biasa bagi Anda. Anda dapat melihat video dengan sudut pandang 360 derajat, dan membawa Anda ke berbagai tempat serta event yang menarik layaknya berada di kota New York, Amerika, menikmati suasana pantai Hawaii, menyaksikan konser musik di Madison Square Garden, dan kegiatan menarik lainnya. Untuk setiap konten yang hendak disaksikan, Anda harus mengunduhnya terpisah. Setiap konten berisikan file yang besar, untuk itu pastikan ruang penyimpanan data Anda besar sehingga dapat menikmati semuanya.

3. Cardboard

Cardboard adalah perangkat VR yang dibuat dan dikembangkan oleh raksasa perusahaan Google. Percayalah ini sangat menarik, dan Anda harus mencobanya! Untuk dapat menggunakannya, Anda harus membuat platform Google Cardboard terlebih dahulu dengan menggunakan bahan karton atau Anda dapat membelinya di toko-toko online dengan harga yang terjangkau.

Cardboard menyuguhkan banyak konten yang menarik untuk ditonton. Anda dapat menggunakan Google Earth dan menuju tempat tertentu dengan perangkat ini, melakukan perjalanan wisata ke Versailles dan ditemani seorang tour guide, menonton video, melihat foto dengan sudut 360 derajat hingga mempelajari suatu artefak budaya.

Dengan berkembangnya teknologi VR ini, memang dampaknya sangat positif terhadap beberapa bidang lain. Dampaknya sangat dirasakan dan membantu untuk meringankan aktivitas manusia dalam menjalankan suatu bisnis.

4. The North Face: Climb

Bagi Anda penggemar olah raga panjat tebing, maka perangkat VR ini patut untuk Anda coba. Anda tidak hanya akan mendapatkan sensasi memanjat tebing yang cukup menegangkan, namun juga akan mendapat panduan dari Cedar Wright dan Sam Elias, yaitu dua pemanjat tebing profesional kelas dunia di dua lokasi tebing yang sangat luar biasa yaitu Moab di Utah, Colorado dan Yosemite National Park di California, Amerika Serikat. Anda dapat menyaksikan beragam pemandangan yang memesona dari view seorang pemanjat tebing, selain itu Anda juga dapat merasakan ketegangannya pada saat memulai aktivitas tersebut.

5. Headset VR

Perangkat VR berikutnya adalah Oculus Quest. Saat ini perusahaan Oculus telah mengeluarkan dan mengembangkan headset VR yang membuat Anda seolah-olah berada di dalam dunia yang sedang Anda tonton menggunakan headset ini. Namun bukan hanya Oculus saja yang mengembangkan perangkat VR lho, ternyata raksasa teknologi asal Amerika lainnya yaitu Microsoft juga mengembangkan dan menggabungkan headset VR dengan teknologi yang ada di smartphone.

Dengan menggunakan perangkat ini, maka Anda akan dapat berinteraksi dengan perangkat VR lainnya tanpa bantuan alat seperti headset VR yang menutup mata Anda.  Memang perangkat VR tadi sepintas terlihat sama dengan VR box, namun memiliki teknologi yang lebih canggih.

Cara Kerja Virtual Reality

Cara kerja virtual reality ini adalah  dengan cara pengguna memulai melihat dunia virtual yang merupakan hasil dinamis simulasi yang dibuat oleh perangkat komputer. Kemudian, lewat bantuan headset VR, pengguna dapat berinteraksi dengan dunia virtual dan menerima umpan balik yang terlihat sangat nyata, seolah-olah sedang berada di dunia tersebut, termasuk merasakan secara real time fisik dan juga fiktif.

Kesimpulan

Dengan perkembangan teknologi digital yang masif di antara kita, pasti terdapat sisi positif yang dapat kita manfaatkan untuk memudahkan segala macam aktivitas hidup manusia. Dengan mengetahui berbagai manfaat yang diberikan oleh teknologi virtual reality, tentunya kita dapat bijak untuk menentukan mana teknologi virtual reality yang dapat kita manfaatkan sesuai dengan bidang yang kita geluti.

Meskipun penggunaan VR ini terlihat membantu kebutuhan manusia, tetapi patut diingat jika kita tetap harus berhati-hati pada saat menggunakannya. Sebab, terkadang ketika sudah melepas perangkat VR dari wajah kita, bayangan realitas dunia maya tetap tinggal di sana. Oleh karena itu, tetap gunakan sewajarnya dan seperlunya. Semoga bermanfaat ya!

Like it? Share it!


MonsterAR

About the Author

MonsterAR
Joined: June 10th, 2021
Articles Posted: 251

More by this author