Download CryptoTab App FREE - CryptoTab is a free app for iOS and Android that pays you to browse the websites you normally would on your phone or your computer! Start earning your first Bitcoin today!

Inspirasi Resep Resep Makanan Nusantara

Posted by meigal08 on March 8th, 2017

Resep resep makanan nusantara

Ide Kreasi Resep resep Makanan Nusantara Berbahan Dasar Ayam

Indonesia ini memang kaya akan kulinernya yang lezat dan khas dari berbagai daerah yang ada. Pada kenyataannya setiap daerah di Indonesia kiranya telah punya kuliner khas sehingga juga tidak heran kalau resep resep makanan nusantara juga ada banyak yang bisa kita kreasikan di rumah. Banyaknya makanan khas nusantara ini memang sudah sepatutnya untuk kita lestarikan dengan menyajikannya sebagai menu makan di rumah. Nah, kali ini yang bakal menjadi pembahasan adalah menu makanan khas nusantara yang berbahan dasar ayam. Ada banyak pastinya kalau bicara kuliner berbahan dasar ayam, tak terkecuali yang khas Indonesia. Aneka bumbu rempah selalu menjadi ciri khas dari setiap masakan nusantara tak terkecuali juga masakan dari ayam khas berbagai daerah di Indonesia. Nah, berikut ini ide kreasi resep resep makanan nusantara yang berbahan dasar ayam :

  1.  Opor Ayam Kutai

Sajian opor ayam khas dari Kalimantan ini punya ciri yang berbeda dibandingkan dengan opor ayam yang sering dijumpai di Jawa. Opor Ayam Kutai salah satu ciri khasnya terletak pada tambahan kelapa sangrai yang dihaluskan dan menjadikan kuah dari opotnya pun punya warna yang lebih unik dan cita rasanya lebih menarik.

  1.  Ayam Pelalah

Berikutnya adalah sajian khas Bali yang bernama Ayam Pelalah. Kuliner ini sangat cocok untuk anda yang merupakan pecinta pedas. Kuliner khas Bali memang yang terkenal adalah cita rasa pedasnya yang khas dengan perpaduan bumbu dari rempah-rempah terbaiknya. Untuk mengkreasikan Ayam Pelalah ini sendiri prosesnya adalah dibakar dengan bara api sehingga sensasi kelezatannya pun lebih khas.

  1.  Ayam Tangkap

Kuline yang satu ini adalah khas dari daerah Sabang, yakni khas Aceh. Salah satu yang menjadi ciri khas dari kuliner ini adalah aromanya yang sudah dapat mencerminkan cita rasa lezat dari salah satu resep resep makanan nusantara.

  1.  Ayam Parape

Kelezatan sajian khas nusantara berbahan dasar ayam juga bisa anda dapatkan dari Ayam Parape khas dari Makassar. Kuliner yang satu ini diolah dengan cara ayam direbus bersama aneka bumbu khas Ayam Parape dan direbusnya sendiri di atas api sedang. Prosesnya hampir sama dengan saat mengungkep ayam.

Untuk membuat cita rasa masakan khas nusantara semakin lezat, anda juga bisa menambahkan Royco Bumbu Pelezat kedalamnya. Royco Bumbu Pelezat mampu membuat aneka sajian kuliner bercita rasa lebih nikmat, tak terkecuali juga aneka resep sajian khas Nusantara.

resep resep makanan nusantara

Inspirasi Resep-resep Masakan Mie Khas Nusantara

Sajian kuliner lezat berbahan dasar mie memang selalu jadi favorit banyak orang. Jenis mie sendiri yang ada juga begitu banyak jadi tidak heran kalau aneka resep berbahan dasar mie juga sering jadi incaran para pecinta kuliner untuk dicoba dikresikan sendiri di dapur rumah. Resep resep makanan nusantara yang berbahan dasar mie pun ada banyak. Seperti yang kita ketahui juga bahwa Indonesia ini menyimpan begitu banyak aneka kuliner khas yang cita rasanya lezat dan yang jadi cirinya adalah sensasi kelezatan dari aneka rempah-rempah terbaik. Nah, berikut ini sederet resep resep makanan nusantara yang berbahan dasar mie :

  1.  Mie Celor

Mulai dari Palembang, ada Mie Celor yang bisa dicoba. Kunci kelezatan dari sajian khas Palembang yang satu ini terletak pada kuah kaldunya yang kental dan bercita rasa gurih. Kaldunya tersebut sendiri adalah kaldu udang yang dikentalkan bersama tepung terigu. Hal yang unik lainnya dari Mie Celor adalah adanya penggunaan mie yang tebal, bukan mie yang keriting.

  1.  Mie Aceh

Ya, seperti namanya, sajian kuliner mie yang satu ini adalah khas Aceh. Hal yang unik dari Mie Aceh adalah aneka rempah-rempah terbaiknya yang dijadikan sebagai bumbu. Mulai dari kunyit, jintan, kapulaga, dan masih banyak lagi pastinya. Jenis Mie Aceh pun tidak hanya satu sajian saja. Ada Mie Aceh kering dan ada juga yang disajikan dengan kuah kental dengan kekayaan cita rasa khas nusantara. Penyajian Mie Aceh pun bisa dipadukan dengan aneka pelengkap seperti daging kambing, kol, sampai emping goreng.

  1.  Mie Ongklok

Inspirasi resep resep makanan nusantara berbahan dasar mie lainnya adalah Mie Ongklok yang berasal dari Wonosobo. Proses menyajikan kuliner yang satu ini adalah dengan mencelup-celupkan mie ke dalam air mendidih selama beberapa saat. Jika sudah mie diletakkan dalam mangkok bersama dengan potongan kol serta juga daun kucai. Menariknya adalah, mie disiram menggunakan kuah khas yang lezat berbahan dasar ebi, gula jawa serta aneka rempah pilihan terbaik. Untuk membuat cita rasanya lebih lezat lagi, jika anda ingin mengkreasikannya di rumah, tak ada salahnya juga untuk menyertakan Royco Bumbu Pelezat Serbaguna Rasa Ebi. Dengan begitu, kuah dari Mie Ongklok akan tersaji lebih istimewa lagi. Bukan hanya kuah saja yang menjadi siraman pada Mie Ongklok, namun juga disiram dengan bumbu kacang dan cocok dihidangkan bersama dengan kuliner lainnya seperti sate daging sapi.

Also See: Resep Resep, Resep Makanan, Makanan Nusantara, Berbahan Dasar, Yang, Satu, Sajian

Photography Masterclass - Learn Digital Photography The Smart Way
Master Any DSLR Camera And Take Gorgeous, Attention-Grabbing Photos By Following Step-By-Step Video Tutorials!
CryptoTab Browser - Easy way for Bitcoin Mining | CryptoTab Browser
CryptoTab Browser is the world's first web browser with built-in mining features. Familiar Chrome user interface is perfectly combined with extremely fast mining speed. Mine and browse at the same time!

Lolli: Earn Free Bitcoin When You Shop Online!
Lolli is a rewards application that gives you bitcoin for shopping at your favorite online stores.

Quality Office Furniture USA Shipped Direct - Madison Liquidators
Nationwide vendor of quality office furnishings including Desks, Office Chairs, Conference Tables, Cubicles and more!

Advertise Here