Syarat dan Cara Umroh yang Sesuai Sunnah

Posted by meigal08 on March 22nd, 2017

Cara umroh

Umroh adalah ibadah suci yang dilaksanakan oleh umat beragam Islam. Umroh sendiri hukumnya tidak wajib seperti Haji. Sedangkan walaupun merupakan kewajiban umat Islam, Haji juga dikhususkan atau diwajibkan bagi mereka yang mampu. Baik itu mampu secara finansial dan fisik maupun juga secara mental. Adapun umroh yang akan dilaksanakan tersebut mempunyai banyak syarat dan juga cara umroh yang sesuai sunnah menurut agama.

Haji dan umroh adalah dua ibadah yang berbeda walapun sama-sama dilaksanakan di tanah suci Mekkah. Perbedaan mendasar dan sangat tampak dari keduanya adalah memiliki waktu yang berlainan. Dimana haji dilaksanakan ketika waktu khusus menjelang Idul Haji atau lebaran besar bagi umat muslim. Sedangkan umroh dapat dilaksanakan seseorang setiap saat setiap tahun tanpa harus menunggu waktu tertentu. Cara melakukan umroh yang sesuai dengan sunnah ini mempunyai beberapa syarat dan juga rukun yang harus diikuti agar dapat berjalan dengan lancar dan juga syah menurut ketentuan Islam.

Umroh sendiri mempunyai syarat yang harus dipenuhi agar ibadah tersebut dapat dikategorikan syah yaitu:

  •  Orang yang akan melaksanakan umroh tentu saja merupakan seseorang yang beragama Islam atau seorang muslim.
  •  Sudah baligh atau cukup usia dan mempunyai akal yang sehat.
  •  Seorang yang merdeka.
  •  Mempunyai kemampuan baik itu adanya bekal dan kendaraan.
  •  Bagi wanita yang akan menjalankan umroh lebih baik ada ditemani suami atau mahram.

Cara umroh yang sesuai sunnah adalah tentu saja yang harus menjalani ibadah sesuai dengan aturan yang berlaku bagi umat muslim. Antara lain menjalankan rukun dan wajib umroh yang harus dikerjakan ketika berada di Mekkah. Rukun umroh ada tiga yaitu Ihram yaitu niat untuk memulai umroh dan juga pakaian khusus yang akan dikenakan selama umroh. Kedua adalah thawaf dan ketiga adalah Sa’i. Untuk wajib juga ada beberapa hal yang harus diikuti dan dijalankan. Ada beberapa pilihan untuk menjalankan umroh salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai tour dan travel seperti Abutours. Selain aman tour ini mempunyai banyak fasilitas yang lain juga.

Also See: Umroh Yang, Yang Sesuai, Yang Harus, Yang Akan, Yang, Umroh, Dan
Link To Directory
Top Searches - Trending Searches - New Articles - Top Articles - Trending Articles - Featured Articles - Top Members

Copyright 2019 Uberant.com
516,921 total articles and counting.