Cara Belajar yang Baik dan Efektif

Posted by bebasketik on April 16th, 2018

Belajar merupakan sebuah kegiatan dimana manusia mendalami tentang sesuatu pengetahuan apapun, baik itu pengetahuan dalam masalah sosial, budaya, politik, teknologi, sekolah, alam, maupun yang lainya.

Aktivitas belajar ini sangatlah utama sebab supaya menambah pemahaman kita perihal pelajaran yang berada di kehidupan ini.

Bukan hanya pelajar sekolah saja yang dianjurkan supaya belajar, melainkan segenap manusia harus supaya belajar. Sesuai perkataan pepatah bahwa “Tidak ada kata terlambat untuk belajar”.

Bahkan, dalam agama islam mewajibkan tiap-tiap kaumnya supaya terus-menerus mempelajari ilmu. Dibawah ini merupakan hadist yang membahas tentang anjuran mencari ilmu.

طَلَبُا لْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya : “Mencari ilmu adalah wajib hukumnya bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan” (HR. Ibnu Abdil Barr).

Dalam memahami suatu, tiap-tiap manusia tentunya memiliki strategi atau aturan yang berbeda.

Ada yang belajar menggunakan cara menulis, ada juga yang belajar menggunakan cara membaca, ada pula yang belajar dengan melihat, serta ada yang belajar dengan mendengar.

Supaya bisa mendapat metode belajar dengan baik serta efisien, pastinya terdapat stategi serta caranya. Dibawah ini merupakan pola sehingga belajar kita menjadi lebih efisien dan juga semakin mudah.

1. Berdoa.

Sebelum teman-teman memulai kegiatan belajar, harusnya kawan-kawan berdo’a terlebih dulu kepada Allah SWT supaya pada waktu belajar kita diberikan kemudahan ketika mencari dan juga diberikan kelancaran ketika belajar.

Kita tidak akan bisa melakukan apapun jikalaubukan karena digerakan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu teman-teman diwajibkan berdo’a terlebih dahulu sebelum mulai melakukan pekerjaan belajar teman-teman.

2. Memilih waktu yang pas.

Memilih waktu yang ideal juga sangat mempengaruhi nilai belajar teman-teman. Jika teman-teman belajar pada waktu lelah atau banyak pikiran, hal itu akan otomatis otak kita akan berat mempelajari atau menerima ilmu yang kita pelajari.

Waktu yang efisien untuk belajar merupakan pada saat masih pagi, karena posisi raga belajar kawan-kawan masih fit dan otak kita masih belum banyak memikirkan pekerjaan susah.

3. Buatlah suasana belajar yang nyaman.

Selanjutnya adalah menciptakan situasi belajar yang nyaman. Bagaimana membuat kondisi yang nyaman untuk belajar itu ? Tentu, situasi yang nyaman adalah kondisi yang dapat menjadikan kawan-kawan fokus serta mudah untuk berkonsentrasi.

Contoh dari suasana belajar yang nyaman adalah tempat kita belajar wangi dan juga bersih, tidak dalam kondisi ramai, temperatur ruangan yang pas, dan lainya.

4. Membaca adalah kunci utama dalam belajar.

Saat membaca kawan-kawan akan mendapatkan ilmu dari hal-hal yang teman-teman baca. Seseorang gemar membaca pastilah akan mendapat ilmu yang lebih dibanding dengan mereka yang malas membaca.

Jadi, berawal sekarang biasakan untuk gemar membaca. Sebab membaca akan mempermudah kawan-kawan dalam menuntut suatu ilmu.

5. Setelah membaca, pahami apa yang telah kamu baca.

Berikutnya setelah teman-teman membaca buku, koran atau media apapun itu, setelah itu adalah memahami isi dari buku, koran, majalah atau media yang teman-teman baca tersebut.

Mengapa harus memahaminya ? Karena jikalau kita menghafal keseluruhan isi buku atau media yang kawan-kawan baca itu akan lebih susah.

6. Hafalkan kata kuncinya.

Kita hanya perlu menghafal pokok-pokok pentingnya saja dari buku atau media yang kita yang telah baca serta pahami tadi. 

Dengan kita menghafal poin-poin pentingnya saja, mungkin kita setelahnya bisa membuat kesimpulan sendiri apa arti dari buku, koran, majalah atau media yang telah teman-teman baca serta pahami tadi.

7. Catatlah poin pentingnya.

Seenggaknya, kawan-kawan menyalin pokok-pokok penting yang sudah kita hafal sebelumnya. Karena daya ingat manusia pasti ada batasnya. Serta manusia tidak akan terhindar dari dosa dan juga lupa.

Oleh karena itu, jikalau teman-teman lupa tantang apa yang kawan-kawan baca dan pahami sebelumnya, kawan-kawan masih dapat melihatnya lagi tanpa perlu membaca ulang buku, koran, majalah atau media tadi.

Semisal teman-teman sudah membaca dan memahami artikel, contohnya saja telah membaca di portal Bebas Ketik. Maka teman-teman harus menulis poin-poin penting yang ada dalam artikel tersebut

8. Berikan waktu istirahat dalam belajar.

Otak dan tubuh teman-teman pastinya akan kelelahan jika terlalu dipaksakan. Maka dari itu ketika kawan-kawan belajar, luangkan waktu untuk diri teman-teman istirahat.

Hal ini digunakan sebagai mengistirahatkan aktivitas otak dan tubuh kawan-kawan agar setelahnya tetap bisa belajar dengan efisien dan juga benar.

9. Belajar kelompok dan berbagi ilmu serta informasi.

Dengan belajar secara berkelompok akan mempermudah teman-teman dalam mengatasi persoalan apabila terjadi suatu kendala pada saat belajar. Contoh ketika kawan-kawan tidak bisa memahami sesuatu dapat langsung tanya kepada teman kelompok kita.

Belajar secara berkelompok juga mempermudah teman-teman dalam berbagi informasi serta ilmu. Dengan bertukar ilmu dan informasi dapat menambah pemahaman yang kawan-kawan punya.

10. Bertanya jika kurang paham.

Saat teman-teman mendapati halangan pada saat belajar, bertanyalah kepada seseorang yang mengerti perihal pertanyaan kawan-kawan. 

Apalagi sekarang ini terdapat yang namanya google, di dalam google banyak sekali ilmu yang dapat kawan-kawan terima. Jadi kawan-kawan dapat meringankan dalam memecahkan persoalan kawan-kawan ketika kegiatan belajar.

bebasketik

About the Author

bebasketik
Joined: April 16th, 2018
Articles Posted: 3

7Hash
Hong Kong based mining farm which offers 1 and 2 year cloud based mining contracts.
Golden Grasshoppers
If youíre looking for horse racing profits from the Jump Racing then youíre in the right place. My name is Vinny Ford and for years Iíve pulled in profits from my favorite season, jump season. Great racing, lots of drama and huge profits all come together
BitKong: Fairest and most thrilling Bitcoin casino on the market
Win serious funds fast when you stack the BitKong bonus combo, cash in on the referral program, or hit the massive jackpot then walk away with your life changed.
SportsCashSystem.com - The #1 Sports Investing System - Best Sports Investing System
Sports Cash System shows you how to make big money betting on sports - Proven sports betting pick system!
RollerCoin - Online Bitcoin Mining Simulator Game
RollerCoin is the first online bitcoin mining simulator game, Start Playing Now! Earn real bitcoins while enjoying the game and competing with your friends.
Bilaxy
The World's Leading Crypto Asset Trading Platform