Berbagai Hal yang Wajib Kalian Ketahui Tentang Hewan Mamalia

Posted by penakecil on June 27th, 2018

Mamalia termasuk juga kedalam binatang menyusui, hewan ini terkelompokkan pada fauna kelas hewan vertebrata. Disamping banyak binatang dalam kelas lainnya, misalnya hewan omnivora dan karnivora. Hewan mamalia mempunyai ciri khas yaitu adanya suatu kelenjar susu, yang muncul pada betina jenis binatang ini. Macam binatang mamalia itu mengeluarkan susu sebagai sumber makanan untuk anaknya yang masih kecil.

Ciri dari binatang mamalia ialah sebagian besar dari hewan mamalia itu berkembangbiak melalui melahirkan, tapi terdapat juga jenis hewan mamalia yang bertelur atau juga bisa disebut termasuk jenis hewan monotrema.

Mamalia yang terkelompok jenis monotremata ini kebanyakan tidak terdapat puting susu, namun masih mempunyai kelenjar susu. Jadi bisa diartikan monotremata jenis hewan ini masih memenuhi syarat untuk mampu dimasukkan ke dalam jenis hewan Mamalia atau hewan menyusi.

Hewan Mamalia memiliki tulang pendengaran yang totalnya 3 di dalam telinga bagian kanan juga kiri serta juga 1 tulang atau dentari pada setiap sisi rahang bagian bawah. Binatang mamalia juga memiliki integumen yang terdiri atas 3 lapisan yakni lapisan epidermis yang mempunyai 30 lapis sel, dan dermis yang mempunyai ketebalan 15-40 kali dibanding epidermis, dan hipodermis.

Ciri-ciri hewan mamalia ialah :

- Yaitu ciri hewan mamalia yang pertama adalah mempunyai kelenjar susu,
- Lalu yang kedua tak jarang hewan mamalia berdarah panas,
- Binatang mamalia sudah pasti menyusui,
- Umumnya hewan- hewan mamalia badannya di penuhi oleh bulu atau rambut,
- Untuk berkembang biak binatang mamalia dengan melalui melahirkan keturunannya, serta
- Umumnya binatang mamalia bertempat tinggal di daratan.


Kelompok Hewan Mamalia

Jika kita amati dari bertahan hidup hewan menyusui dapat di bagi menjadi tiga tingkatan berikut pembagiannya :

- Monotremes adalah mamalia yang bertelur tetapi mewujudkan kelenjar susu. Contoh dari hewan monotremes ialah bebek platypus berparuh dan trenggiling berduri. Dari dua spesies tersebut bisa di jumpai di daerah australia.

- Marsupial adalah kalangan hewan mamalia yang dapat mengembangkan embrio di dalam rahimnya atas waktu yang kecil sebelum terjadinya reaksi melahirkan. Setelahnya akan mengalami melahirkan bayi imatur, yang di mana bayi tersebut akan merangkak ke kantong perut utamanya. Di tempat itulah akan mendapati proses perkembangannya. Contoh hewan marsupial yaitu kangguru, koala, dan beruang.

- Terakhir mamalia placenta yaitu jenis mamalia yang melancarkan hubungan nutrisi antara embrio dan pemisah rahimnya menggunakan placenta. Kemudian janin akan menempel di placenta yang di selesaikan pada rahim induk Itu. Misalnya jenis hewan mamalia ini kucing, anjing, kelinci, monyet, dan kelelawar.

Seluruh hewan mamalia yang telah tersebar ke semesta dunia dan tumbuh di daerah tanah maupun samudera. Binatang menyusui juga mempunyai kelebihan buat belajar serta mengatur untuk kegiatan sehari-hari.

Binatang menyusui terbagi dari 5000 genesus lebih, sudah tersebar 425 famili dan memiliki 46 ordo. Hingga kini ini hanya terdapat 3 macam mamalia yang lagi mampu berkukuh hidup.

Dan ketiga jenis itu sudah kita ulas di atas serta cara memilahnya dari cara mengurus anak semasa pada pertumbuhan embrio.

Contoh Hewan Mamalia

Paus

Walaupun paus disebut ikan akan tetapi kenyataannya paus bukan ikan akan tetapi binatang mamalia layaknya kita manusia, paus sendiri berkembang biak dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya. Paus terkelompok hewan mamalia terbesar yang ada didunia & macam paus yang paling besar adalah paus biru yang bisa mencapai bobot sampai ratusan Ton.

Kucing

Kucing yang kerap dijadikan binatang peliharan dilingkungan kita merupakan binatang menyusui lantaran melahirkan dan menyusui buah hatinya, jenis kucingpun amat banyak sebagai contoh kucing yang sering dipelihara merupakan kucing anggora, persia dan maine coon. Pada jaman mesir kuno kucing dianggap sebagai dewi dan tidak sembarangan orang dapat merawat kucing saat jaman itu.

Kuda

Kuda yang banyak dijadikan sebagai bianatang transportasi merupakan hewan menyusui yang dimana binatang ini dapat berlari amat kencang , kuda juga mempunyai kekuatan yang amat kuat & bisa berlari hingga ratusan meter tanpa beristirahat.

Sapi

Sapi biasa dipelihara untuk dimanfaatkan susu dan juga dagingnya. Dimana sapi memang merupakan hewan mamalia yang merupakan hewan menyusui. Selain untuk anaknya, susu sapi juga biasa dikonsumsi oleh manusia.

Domba

Hewan yang satu ini biasa dikenal dikalangan anak kecil, karena kartunnya yang terkenal yaitu Shaun the Sheep. Domba biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk diambil wool dan juga dagingnya.

Hewan mamalia juga biasa digunakan oleh manusia untuk dijadikan hewan qurban. Biasanya dilaksanakan oleh para pemeluk agama Islam diseluruh dunia. Untuk di Indonesia, hewan qurban yang menjadi favorit ialah sapi dan juga kambing / domba.

Sekian ulasan kali ini tentang dengan hewan mamalia, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Also See: Mamalia Yang, Hewan Mamalia, Binatang Mamalia, Jenis Hewan, Yang, Untuk, Menyusui
Link To Directory
Top Searches - Trending Searches - New Articles - Top Articles - Trending Articles - Featured Articles - Top Members

Copyright 2019 Uberant.com
529,471 total articles and counting.