Setup Router Wifi

Posted by article on March 15th, 2019

Internet kini digunakan dimana-mana. Bukan saja untuk kepentingan pribadi atau pekerjaan saja, namun penggunaan internet telah menjadi salah satu sumber hiburan. Kini Anda akan mendapati berbagai lokasi yang dibekali dengan internet melalui jaringan wifi sehingga dapat memanfaatkannya tanpa harus terhubung menggunakan kabel. Pembagian koneksi internet menggunakan router wifi lebih disukai baik untuk penggunaan kantor, rumah hingga komersil. Berbagai gadget dapat langsung terhubung dengan internet tanpa menggunakan alat hubung secara langsung.

Penggunaan wifi melalui router memang lebih disukai dan fleksibel, namun ada kalanya jarak dan lokasi memberi perbedaan terhadap daya tangkap dan kecepatan sinyal internet. Hal ini disebabkan karena sinyal internet yang dipancarkan oleh router memiliki sifat seperti gelombang radio elektromagnetik sehingga beberapa faktor dapat menyebabkan perbedaan tangkapannya seperti jarak dan benda lain sebagai penghalang. Bagi Anda yang suka memanfaatkan jaringan internet melalui wifi, berikut ini adalah tips atur posisi titik wifi yang bisa Anda atur untuk meletakkan router maupun gadget Anda sehingga mendapatkan koneksi yang paling baik:

1. Jarak.
Karena gelombang internet yang dipancarkan oleh router wifi sama jenisnya dengan gelombang radio, maka pengaruh jarak sangatlah besar untuk memberikan koneksi yang terbaik. Karenanya letakkan router di lokasi yang paling dekat dengan tempat Anda sering bermain gadget, misalnya di kamar atau ruang kerja. Namun jika router digunakan untuk tempat yang cukup luas misalnya dalam satu rumah atau tempat usaha, letakkan router di lokasi tengah sehingga cukup dekat dari mana saja.

2. Benda penghalang.
Koneksi wifi juga dipengaruhi oleh ada tidaknya benda penghalang antara router dan gadget. Ada beberapa benda penghalang yang dapat menghambat koneksi seperti benda alumunium, tembok hingga tubuh manusia. Tak jarang jika Anda menggunakan wifi di tempat yang terlalu penuh dengan orang, sinyal akan menjadi lemot bukan karena semua orang mengakses internet namun karena tubuh manusia dapat menyerap wifi.

3. Alat elektronik dengan gelombang.
Beberapa alat elektronik juga mengeluarkan gelombang seperti microwave dan radio. Karena menggunakan gelombang yang mirip maka internet dapat mengalami pengurangan kecepatan sehingga tempatkan router jauh dari alat elektronik lainnya untuk menghindari berkurangnya kecepatan internet Anda.

4. Ketinggian.
Letakkan router lebih tinggi dari lantai misalnya di atas meja atau almari sehingga mendapatkan sinyal yang lebih cepat dan kencang.

Dengan memperhatikan tips peletakan router wifi di atas, Anda akan memiliki kecepatan wifi internet yang optimal dimanapun berada. Jika menggunakan router untuk satu rumah penuh, ada baiknya memiliki lokasi yang strategis sehingga dapat diakses dari berbagai kamar. Hindari meletakkan router di dekat dapur karena banyak perkakas elektromagnetik yang dapat mengacaukan sinyal.

Link To Directory
Top Searches - Trending Searches - New Articles - Top Articles - Trending Articles - Featured Articles - Top Members

Copyright 2019 Uberant.com
649,445 total articles and counting.