Cara Mengunduh dan Menginstal Software dengan Aman

Posted by nana sutrisna on June 13th, 2019

Kami telah merekomendasikan banyak software yang melakukan segalanya mulai dari software penghapus file yang tidak dihapus, dan lain sebagainya. Semua program yang kami sarankan di-host di situs lain, yang sangat khas dan tidak ada alasan untuk khawatir.

Namun, itu berarti kami harus menyerahkan Anda ke situs web lain yang tidak dapat kami kontrol dan berharap semuanya berjalan dengan baik di sana saat Anda mengunduh dan menginstal perangkat lunak.

Sayangnya, kadang-kadang bahkan perangkat lunak yang benar-benar bagus di-host di sebuah situs yang agak mengkhawatirkan.

Teruslah membaca supaya Anda mendapatkan ide yang kuat tentang di mana mendapatkan rekomendasi software, cara menghindari masalah bahkan dari unduhan yang sah, dan banyak lagi. Mari kita mulai!

Gunakan Akal Sehat

Kami tahu ini adalah nasihat dasar manusia yang diberikan untuk hampir semua hal, tetapi tentu saja itu berlaku di sini juga! Jika ada yang tidak beres, percayalah pada naluri Anda - itu mungkin tidak benar.

Jika Anda belum mempelajari pelajaran ini di tempat lain, hal paling efektif dan termudah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari malware dan adware adalah menghindari mengunduh program atau aplikasi perangkat lunak apa pun dari tautan yang tidak diminta.

Dengan kata lain, hindari mengunduh tautan yang Anda terima melalui surel, teks, atau pesan pribadi lainnya ... kecuali Anda benar-benar mempercayai sumbernya.

Anda juga pasti pernah mendengar ini, kami yakin, tetapi menjalankan program antivirus dan memperbaruinya, sangat penting jika Anda mengunduh perangkat lunak.

Gunakan Daftar Perangkat Lunak Curated

Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda memilih software yang sah dan dibuat dengan baik adalah dengan mengikuti rekomendasi dari daftar perangkat lunak yang dikuratori. Diurutkan dan ditinjau daftar program perangkat lunak, menghemat semua pemeriksaan rumit yang harus Anda lakukan sendiri.

Dengan kata lain, seseorang telah melakukan kerja keras untuk Anda dan mencari tahu program mana yang terbaik. Gunakan pengetahuan gratis itu dan hindari menjadi kelinci percobaan sendiri.

Meskipun kami telah melakukan segala daya kami untuk menautkan ke sumber terbaik untuk perangkat lunak yang direkomendasikan, kadang-kadang yang terbaik menjadi tidak baik secara objektif. Kami terkadang menemukan diri kami mencoba untuk mengambil tempat terburuk untuk menghubungkan Anda dari 10 pilihan buruk. Ini terutama terjadi pada perangkat lunak freeware.

Dalam situasi tersebut, sebagian besar masalah yang akan Anda hadapi pada halaman unduhan perangkat lunak yang kami tautkan menyertakan program yang dibungkus dengan installer dan pengelola unduhan, iklan UNDUH yang membingungkan, dan bundel adware.

Ketahui Persyaratan: Freeware, Trialware, & Lainnya

Pernahkah Anda mengunduh program yang Anda pikir gratis dan kemudian, setelah menggunakannya sebentar, melihat peringatan atau pesan lain muncul, meminta pembayaran untuk melanjutkan?

Dengan asumsi Anda tidak tertipu dalam unduhan (lihat bagian selanjutnya untuk bantuan menghindari masalah itu), Anda mengunduh versi yang salah, terutama jika sejumlah opsi unduhan berbeda tersedia, atau keliru mengenai biaya program.

Hampir semua pengembang perangkat lunak menggunakan tiga kategori ini untuk mengklasifikasikan perangkat lunak mereka:

Freeware: Ini berarti bahwa program ini sepenuhnya gratis untuk digunakan seperti yang dijelaskan.

Trialware: Ini berarti bahwa program ini bebas digunakan untuk jangka waktu atau waktu tertentu, atau untuk sejumlah penggunaan tertentu, dan kemudian harus dibayar. Ini juga kadang-kadang disebut shareware atau hanya perangkat lunak percobaan.

Komersial: Ini berarti program tidak gratis sama sekali dan harus dibayar sebelum Anda dapat menggunakannya. Bahkan sebagian besar program komersial dewasa ini menyediakan versi uji waktu terbatas sebelum meminta pembayaran, jadi kami melihat penunjukan ini lebih jarang.

Free Download ≠ Free Software

Hanya karena software dapat diunduhan secara Gratis bukan berarti software tersebut bisa didapatkan secara gratis.

Sayangnya, beberapa pembuat perangkat lunak sengaja membingungkan pengunjung dengan trik ini di halaman unduhan mereka. Mereka menggunakan "unduhan gratis" di semua judul halaman, di seluruh halaman deskripsi perangkat lunak, dan kemudian Anda biasanya mengklik tombol UNDUH GRATIS untuk memulai unduhan.

Tentu saja, proses unduh gratis! Perangkat lunak, bagaimanapun, memerlukan pembayaran untuk digunakan, kadang-kadang muncul dengan cepat tetapi ada juga setelah periode penggunaan yang singkat.

Beberapa pembuat perangkat lunak melakukan ini dengan harapan mendapatkan pemasukan dari orang-orang yang mengira mereka mengunduh dan menggunakan perangkat lunak gratis dan kemudian melihat sedikit pilihan selain membayar. Ini tidak etis dan masalah yang merajalela di antara program perangkat lunak berkualitas rendah.

Jadi, sebelum Anda mengunduh sesuatu yang berlabel "gratis" atau sebagai "unduhan gratis," periksa untuk melihat bahwa deskripsi program dengan jelas menyatakan bahwa itu freeware atau sepenuhnya gratis untuk digunakan.

Jangan Terkecoh dengan Iklan "Unduh"

Beberapa iklan yang paling "sukses" adalah iklan yang menipu pembaca halaman agar percaya bahwa iklan itu bukan iklan.

Jenis iklan ini sering berjalan di halaman unduhan perangkat lunak, muncul sebagai tombol UNDUH raksasa. Sebesar mungkin tombol-tombol besar ini adalah apa yang perlu Anda klik untuk mengunduh perangkat lunak yang Anda kejar.

Lebih buruk lagi, iklan UNDUH ini tidak masuk ke situs web yang tidak berbahaya - mereka biasanya pergi ke halaman penuh malware di mana Anda benar-benar bisa mengunduh sesuatu, hanya saja bukan sesuatu yang Anda inginkan.

Tombol unduhan nyata cenderung lebih kecil dan terletak lebih dekat dengan nama file yang dapat diunduh, nomor versi, dan tanggal terakhir diperbarui. Tidak semua halaman unduhan perangkat lunak memiliki tombol unduh.

Tips Lanjutan: Periksa Integritas File & Gunakan Pemindai Virus Online

Jika Anda lebih dari sekadar pengguna komputer pemula, ada dua hal lagi yang muncul untuk membantu meredakan kekhawatiran tentang apa yang Anda unduh dan instal:

Verifikasi Integritas File yang Diunduh

Jika Anda khawatir bahwa Anda telah mengunduh sesuatu selain dari yang Anda harapkan, Anda mungkin dapat memeriksa untuk mengetahui bahwa apa yang Anda miliki adalah apa yang seharusnya Anda peroleh.

Beberapa situs web menyediakan sesuatu yang disebut nilai checksum dengan unduhan mereka. Ini akan terlihat seperti serangkaian huruf dan angka yang panjang. Setelah mengunduh, Anda dapat menggunakan kalkulator checksum untuk menghasilkan apa yang mudah-mudahan cocok dengan nilai checksum yang tercantum dengan unduhan.

Situs Download Software Terbaik?

Secara umum, situs pengembang software adalah situs teraman untuk mengunduh software tersebut, tetapi mereka tidak selalu meng-host program mereka sendiri.

Meskipun situs unduhan ini mungkin tidak 100% bebas dari pengelola dan pemasang unduhan yang licik, kami jarang melihatnya, berikut situs yang kami rekomendasikan diantarnya Didonlot, Softpedia, Uptodown, dan FileHorse.

Harap beri tahu saya jika Anda memiliki pengalaman berbeda dengan salah satu situs tersebut.

Jika Anda mengetahui sumber unduhan "bersih" untuk program yang dapat diunduh yang kami rekomendasikan, beri tahu kami tentang hal itu dan kami akan dengan senang hati mengubah tautannya.

nana sutrisna

About the Author

nana sutrisna
Joined: June 6th, 2019
Articles Posted: 2

BTV Music Production Software
BTV Professional Music Production Software works as a standalone application or with your DAW as a VST or AU plugin (optional). If you are inspired, BTV will help you get your ideas out faster.
Lucky Days Astrology Software for Gambling
Lucky Days Astrology Software for Gambling, Daily Horoscopes and making Astrological Predictions.
100%Winners - Automatic Sports Investing Software and Picks
Get our Arb software and never lose a bet again! We will show you how to use high win, low loss sports investing software that has outstanding profits and is absolutely risk free. Join now and you will get up to date Arbing software we developed and use
Roulette Sniper - Home of the Worlds Best Roulette Betting Software
Learn how to win quickly and effortlessly at roulette with simple, easy to use software. We have made that possible by taking the guess work out of many complicated strategies and programming them into push-button software.
Affiliate Marketing Training, Software & Support | Affilorama
Affilorama brings you free affiliate marketing training, software and support. Register now for free today and boost your affiliate sales!
Fan Page Robot | 10-in-1 Marketing Automation Software to Increase Social Media Followers
Automated social media tools help busy marketers get more followers. The results-driven software can auto post to Facebook, Instagram, Google My Business, Pinterest, Twitter, Blogger, Wordpress, Shopify, etc.