5 Hal yang Perlu di Pertimbangkan Ketika Memilih Tempat Kuliah

Posted by kampus on October 26th, 2019

Jadi anda berencana kuliah, tapi bingung mau kuliah dimana? Mau kuliah di universitas yang seperti apa? Berikut adalah 5 hal yang dapat anda pertimbangkan ketika memilih tempat kuliah:

Prestasi Universitas Tersebut

Prestasi Universitas Swasta Terbaik di Jakarta tersebut adalah hal yang paling penting ketika memilih sebuah tempat kuliah. Anda harus memahami sejarah universitas tersebut, seperti sejak kapan ia berdiri, kualitas pendidikan, kualitas tenaga pendidikan, pernah meraih penghargaan apa saja, dan dibidang apa mereka sangat menonjol. Lalu cocokan apakah mereka mempunyai pendidikan yang berkualitas dalam jurusan yang ingin anda pelajari.

Jumlah siswa per kelas juga sangat penting dalam memilih tempat kuliah, universitas yang memiliki kelas kecil dengan rata-rata siswa per kelas sekitar 20-an memberikan banyak manfaat bagi siswanya, karena siswa akan mendapatkan perhatian yang lebih personal dari dosen mereka. Anda juga bisa mengecek apakah universitas tersebut telah terakreditasi, karena universitas yang terakreditasi mempunyai kualitas pendidikan yang sudah terstandarisasi.

Biaya Kuliah

Biaya kuliah menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sebuah perguruan tinggi. Pilihlah universitas yang cocok dengan budget kalian. Kalian juga bisa mencari tahu apakah universitas tersebut mempunyai program beasiswa yang bisa meringankan biaya kuliah kalian.

Beberapa negara bahkan mengijinkan mahasiswa internasional dapat bekerja selama beberapa jam per minggu. Hal ini bisa sangat membantu untuk meringankan biaya kuliah maupun biaya hidup.

Program Magang

Beberapa universitas mempunyai program magang yang membuat siswa mereka terjun langsung ke dunia industri dan mendapatkan pengalaman yang tak ternilai yang akan memberikan mereka nilai lebih ketika mereka melamar kerja ketika mereka lulus nanti. Saya biasanya akan mencari tahu apakah univesitas tersebut mempunyai hubungan kerjasama dengan industri-industri sehingga memudahkan saya dalam magang dan mencari kerja ketika lulus nanti.

Lingkungan Universitas dan Kegiatan Universitas

Kuliah tidak hanya belajar dan belajar, tetapi kita juga harus menikmati masa kuliah kita dan merasakan kebudayaan setempat dengan maksimal. Di negara manakah anda ingin kuliah, seperti apakah lingkungan universitas tersebut, apakah saya bisa bertemu dan berteman dengan teman dari berbagai negara? Apakah disekitar universitas ada tempat hiburan dan rekreasi seperti restoran, tempat berbelanja? Dan disekitar universitas apakah ada tempat rekreasi seperti pantai indah, sungai, gunung sehingga saya tidak hanya belajar tetapi saya juga bisa berwisata dan berekreasi.

Saya juga sangat menyukai universitas yang mempunyai banyak acara dan kegiatan, karena dari sanalah saya bisa berpartisipasi dan bertemu dengan teman baru, membuat masa kuliah saya sangat berwarna-warni, dan memahami kebudayaan setempat.

Akomodasi dan Fasilitas

Saya rasa akomodasi merupakan salah satu hal yang saya pertimbangkan ketika saya memilih sebuah tempat kuliah. Apakah universitas tersebut memiliki tempat tinggal dalam kampus atau diluar kampus, seperti apa kamarnya dan berapa biayanya. Apakah kamar tersebut nyaman ditinggali, karena kamar tersebut selanjutnya akan menjadi rumah keduamu. Apakah dalam radius berjalan kaki ke kampus atau harus menggunakan transportasi umum.

Selain akomodasi, fasilitas juga merupakan aspek yang dapat dipertimbangkan ketika memilih sebuah tempat kuliah. Apakah universitas tersebut mempunyai laboratorium, gedung olahraga, ruang kelas yang modern. Apakah universitas memberikan layanan bimbingan kepada siswa yang kesulitan dalam mengurus visa pelajar mereka maupun siswa yang kesulitan dalam beradaptasi ke lingkungan baru mereka. Banyak universitas yang mempunyai fasilitas yang lengkap seperti gym, laboratorium, pusat penelitian bahkan gedung teater yang modern, dan mereka juga memberikan bantuan dalam mengurus visa dan konseling siswa.

Prestasi universitas, biaya kuliah, program magang, lingkungan, akomodasi dan fasilitas menjadi hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sebuah tempat kuliah. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang negara dan universitas yang ingin anda tuju, sehingga anda dapat menentukan universitas mana yang paling tepat untuk anda. Dan jangan lupa untuk merasakan kebudayaan setempat dan membuat teman dari berbagai penjuru dunia.

Link To Directory
Top Searches - Trending Searches - New Articles - Top Articles - Trending Articles - Featured Articles - Top Members

Copyright 2019 Uberant.com
648,415 total articles and counting.