Get Paid to Explore the World! - This FREE app for Android and iOS pays you everytime you go out to explore the world! Download and start exploring today!

Begini Jadinya Kalau Pelajar Tidak Punya Printer Sendiri

Posted by sarrayanika on February 18th, 2020

Aktivitas ngeprint atau mencetak berkas melalui komputer sudah tidak bisa dilepaskan dari rutinitas seorang pelajar. Banyak tugas dari sekolah maupun untuk keperluan pribadi yang harus dicetak agar lebih enak untuk dibaca. Itu sebabnya di sekitar sekolah banyak sekali penyedia jasa printing. Mereka melihat peluang pasar yang sangat bagus di tengah kebutuhan cetak berkas yang semakin meningkat dari pelajar. Lantas, apa jadinya kalau pelajar tidak punya printer sendiri? Pastinya dia harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar harga print warna per lembar atau hitam-putih.

Daripada Bayar Harga Print Warna Per Lembar, Mending Beli Printer Sendiri

Biasanya harga untuk mencetak berkas dengan tinta berwarna lebih mahal daripada menggunakan pola warna hitam putih. Rentang harganya sangat bergantung pada banyaknya warna yang dibutuhkan. Semakin besar gambar atau banyak tulisan berwarna yang akan dicetak, maka akan semakin mahal pula biaya yang harus dibayarkan. Bisa jadi kamu harus mengeluarkan uang Rp 10.000 untuk mencetak beberapa lembar dokumen berwarna. Coba deh hitung-hitung kebutuhanmu mencetak dokumen di jasa percetakan dan bandingkan dengan membeli printer sendiri. Pasti akan lebih murah kalau beli printer sendiri karena bisa dipakai kapanpun. 

Menghitung Biaya Print Kalau Tidak Punya Printer

Mempunyai printer sendiri tentunya lebih efisien daripada harus mengeluarkan uang berkali-kali untuk mencetak dokumen yang diperlukan. Mari kita coba hitung. Harga print warna A4 biasanya dimulai dari Rp 1000. Itu adalah harga paling murah. Prinsipnya, kalau semakin butuh banyak warna, harganya akan lebih mahal. Misalnya, kamu perlu mencetak lima lembar gambar berwarna ukuran A4, harganya bisa mencapai Rp 10.000 per lembar. Berarti kamu harus merogoh kocek Rp 50.000 hanya untuk ngeprint. Padahal harga printer paling murah bisa di angka Rp 500.000an. Tentunya dengan harga segitu, kamu bisa memakainya sesuka hati, kapanpun, dan di manapun.

Bagaimana kalau dokumen yang hendak dicetak berwarna hitam-putih? Memang harga untuk hitam putih ukuran A4 tidak semahal harga print warna A4. Biasanya penyedia jasa mematok harga Rp 500-Rp 700 per lembar. Tapi tetap saja, kalau dikalikan dengan jumlah kebutuhan cetak yang mencapi belasan atau puluhan lembar, hitungannya bisa mahal. Belum lagi kalau ada bagian halaman yang salah, pasti butuh biaya lagi. Kan lebih baik beli printer sendiri untuk digunakan sepuasnya.Namun jika anda tetep ingin menggunakan jasa orang lain maka kami merekomendasikan jasa fotocopy murah di warujayaprinting.com

Also See: Print Warna, Hitam Putih, Untuk Mencetak, Mengeluarkan Uang, Yang, Untuk, Warna

Trick Photography and Special Effects by Evan Sharboneau
Master Any DSLR Camera And Take Gorgeous, Attention-Grabbing Photos By Following Step-By-Step Video Tutorials!
Dabke101 - Learn Dabke
Dabke101 is a Dabke learning program that teaches people how to do dabke step by step. Dabke videos will teach you Dabke with ease

Harp N' Guitar
Learn To Play Harmonica and Guitar. Choose your membership option including Free, Monthly, and Lifetime. Online video lessons available anytime, anywhere.

Video Surgeon for Guitarists
Jumpstart Your Guitar Playing By 614% By Using What The Pros Use It'll Quickly Become Your Go-To Learning Tool

Advertise Here