Suka Menulis? Ini Keuntungan Menjadi Freelance Content Writer!

Posted by penulisciamik on February 26th, 2020

Banyak orang masih beranggapan kalau hobi menulis itu tidak ada gunanya, kurang bermanfaat, dan tidak bisa menghasilkan uang banyak. Padahal itu semua tidak benar! Dengan dimulainya era teknologi seperti sekarang, membaca menjadi sesuatu yang semakin sering orang lakukan. Serius? Iya! Artikel-artikel yang menarik pasti dilirik banyak orang. Itulah salah satu tugas content writer, menarik minat orang agar membaca artikelnya!

Keuntungan Menjadi Seorang Content Writer

Tidak dipungkiri bahwa content writer saat ini sudah menjadi salah satu profesi yang paling sering dicari para pelaku bisnis online, baik itu yang bekerja mandiri maupun yang dinaungi content marketplace. Walau bisa dibilang sumber penghasilannya tidak tetap, tapi kamu dibayar sesuai dengan apa yang kamu usahakan. Kalau kamu mengerjakan artikel pesanan dalam jumlah banyak, maka akan semakin banyak juga penghasilan yang akan didapat. Justru pekerjaan dengan penghasilan tidak tetaplah yang akan mengajarkan kamu bagaimana caranya memperjuangkan sesuatu. Kata pepatah “Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.” Kamu bisa asah kemampuan menulis, sekalian juga mendapatkan bayarannya.

Tapi sebenarnya tidak cuma penghasilan saja yang ditawarkan profesi Content Writer, ada 5 keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan. Apa saja itu? Penasaran kan? Berikut 5 keuntungannya.

1. Tidak Ada Jam Kerja

Bagi freelance Content Writer, pekerjaan bisa dilakukan kapanpun selama tidak melewati deadline. Hal ini yang membedakan pekerja lepas dengan pekerja kantoran yang harus berangkat pagi dan pulang sore. Kamu bahkan bisa mengambil libur hari apapun. 

2. Bisa Bekerja Dimanapun

Selama ada laptop dan koneksi internet, semua aman terkendali. Kamu bisa mengerjakan artikel dimanapun dan kapanpun dan kamu tidak perlu pergi ke kantor sama sekali. Tentu menjadi pegawai kantoran tidak akan bisa seperti ini, kan?

3. Menambah Pengetahuan

Sebagai Content Writer, tentunya kamu butuh banyak referensi. Referensi didapat dari banyak membaca mengenai topik yang berkaitan. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu tidak cuma akan semakin paham mengenai cara kerja SEO, namun juga jadi lebih peka dengan apa yang sedang happening di masyarakat. Semula dari yang tidak paham mengenai kaidah EYD, lama-lama tahu bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas.

4. Punya Penghasilan Tambahan

Bagi yang menjadikan profesi jasa penulis artikel sebagai pekerjaan sampingan dan punya pekerjaan utama, ia akan memiliki sumber penghasilan tambahan. Selain itu, ini bisa dijadikan ajang untuk membuktikan apakah kamu bisa membagi waktu secara tepat dengan tetap mempertahankan keduanya. Tapi tetap ingat bahwa prioritas utama kamu tetaplah pekerjaan utama, ya.

5. Bermanfaat bagi Orang Lain

Dari pekerjaan menulis artikel, kamu dapat menularkan pengetahuan dan wawasan baru pada banyak orang sekaligus. Semula yang orang lain tidak tahu, setelah membaca artikelmu mereka jadi tahu. Dengan secara tidak langsung kamu telah memberikan manfaat bagi orang lain. Tapi tentunya, informasi yang dituliskan haruslah sesuatu yang positif dan memberikan wawasan ya, bukan mengenai gosip ataupun informasi palsu yang sifatnya hoax.

Nah, bagaimana? Banyak sekali bukan manfaat yang bisa kamu ambil dari menjadi seorang jasa copywriting? Pekerjaan ini memang terlihat sederhana, semua orang mungkin bisa melakukannya, tapi untuk menulis artikel yang berkualitas? Kamu butuh waktu dan pengalaman. Dengan terus mengasah kemampuan menulis, kamu tidak hanya menguntungkan pebisnis online yang menjadi klien kamu saja tapi dirimu sendiri juga.

Bagi sebagian orang, writing perhaps isn't a big deal. Bukan sesuatu yang bisa dibanggakan jika kita tidak menjadi seterkenal Andrea Hirata, misalnya. Tapi dengan menulis, kita bisa saling berbagi informasi dengan orang lain dan pada nyatanya semua orang di dunia ini setiap waktu  pasti membutuhkan informasi baru, bukan?