Tes CPNS Yang Diuji Dalam Seleksi CPNS

Posted by BImbel CPNS on March 13th, 2020

Tes CPNS Yang Diuji Dalam Seleksi CPNS

Sekarang ini jumlah peminat profesi PNS semakin lama, semakin banyak bertambah. Dengan begitu hal tersebut dapat memperketat persaingan antar sesama peserta. Akan tetapi sulit atau mudahnya untuk lolos dalam seleksi, tidak dapat dipastikan dari banyak ataupun dikitnya jumlah peserta. Akan tetapi yang memastikan lulus atau tidaknya anda dalam seleksi, adalah dari beberapa tes yang akan diujikan nantinya. Tes CPNS yang akan diujikan untuk para peserta antara lain seperti tes kompetensi dasar ( tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi ), tes kompetensi bidang, tes fisik, dan terakhir adalah tes wawancara.

Berikut ini adalah beberapa trik yang harus anda ketahui untuk mendapatkan nilai tinggi dalam tes CPNS, yakni :

  1. Tes Kompetensi Dasar ( TKD )
    Dalam tes kompetensi dasar ini, yang akan di uji pertama – tama meliputi semua mata pelajaran yang sudah pernah dipelajari pada saat sekolah dulu. Materinya terbagi kedalam 3 jenis, yakni materi TWK, TKP, dan juga TIU. Ketiga jenis materi ini adalah yang wajib anda kuasai sebelum melakukan ujian CPNS.
  • Tes Wawasan Kebangsaan ( TWK )
    Materi yang pertama ini adalah tes mengenai wawasan kita sebagai warga negara Indonesia. Bisa lebih menjurus ke pelajaran sejarah, hukum maupun pendidikan  kewarganegaraan ( PKN ). Contohnya undang – undang, bisa saja soal yang akan digunakan adalah seputar undang – undang. Walau mungkin ini hanyalah dasar, setidaknya anda wajib mengerti tentang hukum, sejarah, dan tes kepribadian lainnya sebagai warga negara Indonesia.
  • Tes Intelegensi Umum ( TIU )
    Tes kompetensi dasar yang kedua adalah tes intelegensi umum. Tes yang satu ini biasanya mencakup pelajaran mengenai numerical, seperti contohnya ke arah matematika, logika, geometri, aljabar, garis singgung lingkaran, deret aritmatika, dan masih banyak lagi yang lainnya. Di tes ini anda para peserta akan di uji mengenai seberapa besarkah pengetahuan anda mengenai logika penalaran dan juga hitung – berhitung. Tes psikotes juga terkadang masuk dalam bagian tes intelegensi umum ini, dimulai dari logika gambar yang relevan. Untuk tahap yang satu ini, anda bisa berlatih sendiri dengan membeli satu buah buku mengenai hal ini di toko buku yang bisa anda temukan.
  • Tes Karakteristik Pribadi ( TKP )
    Ini adalah tahap terakhir dalam tes karakteristik pribadi. Di tahap ini anda tidak bisa menganggap remeh mengenai soal  - soal yang yang akan diujikan. Karena di tahap ini lah anda bisa menyelamatkan point anda untuk lolos passing grade di seleksi CPNS. Disetiap soal ini terdapat point, yang berbeda dari dua soal tadi. Jawaban dan juga point akan anda dapatkan tergantung dari seberapa besarnya keperibadian anda dalam menanggapi atau menyelesaikan sebuah masalah.
  1. Tes Kompetesi Bidang
    Tes ini adalah tes kedua yang akan anda lakukan setelah selesai dalam tes kompetensi dasar. Apabila anda sudah lulus dalam tahap seleksi pertama, anda akan lanjut masuk ke tahap ini. Tahap dimana anda akan dites sesuai dengan bidang atau jalur yang anda ambil. Usahakan bidang yang anda pilih, sesuai dengan hobi. Agar tidak menjadi beban bagi anda untuk belajar memahami hal baru, dalam artian tanpa paksaan.
  1. Tes Fisik ( Kesamaptaan )
    Tes fisik ini tidak selalu ada, ada yang menggunakan dan ada juga yang tidak. Jika ada, tes fisik yang diuji ialah seperti pull up, push up, lari sprint, dan ujian kebugaran.
  1. Tes Wawancara
    Biasanya tes ini adalah tes tahap terakhir, dimana orang yang sudah lolos dalam semua tahap pasti akan melewati tahap ini. Untuk mengetahu tips lolos wawancara ini, anda bisa mencarinya di Google atau mengikuti bimbingan belajar bersama Bimbel CPNS. Biasanya dalam tahap ini, yang diuji adalah cara berbicara, gaya bahasa tubuh, jawaban serta pandangan anda dengan apa saja yang ditanyakan oleh si penguji. Usahakan diri anda untuk tidak gerogi ataupun malu – malu, karena ini adalah tes terakhir yang menjadi penentu lulus atau tidaknya anda dalam seleksi CPNS ini. Sayang sekali jika sudah sampai tahap ini tapi anda malah tidak lolos.
BImbel CPNS

About the Author

BImbel CPNS
Joined: March 13th, 2020
Articles Posted: 1

Sweat Miracle™ - FREE Video Presentation
Sweat Miracle FREE Video: 1 Weird Trick Eliminates Your Excessive Sweating Completely In 30-60 Days - Guaranteed!
Hacks for Achieving Healthy Gums and Teeth | Gum Disease Fix
Do you have red, swollen, bleeding or receding gums? If so, you may have gingivitis, periodontitis or something much worse. This natural approach is the best and safest treatment for your oral health because it addresses the root cause of the problem.
Banish Tonsil Stones, By Diane Puttman : Say Bye to Those Painful & Disgusting Lumps
Banish tonsil stones book (treatment and removal) By Diane Puttman, a step by step program showing you a proven, natural home remedy to permanently get rid of tonsil stones without surgery
Dejar de Roncar Hoy™ | Guia Paso a Paso para Dejar de Roncar
Dejar de Roncar Hoy. Guia Paso a Paso para Dejar de Roncar. Como Dejar De Roncar Hoy, Cada Noche y Para Siempre, Con Remedios Caseros Simples y Desconocidos Hasta Ahora! Deje De Roncar Naturalmente, Sin Medicamentos, Dispositivos, Cirugía o Cualquier Otr
Daily Racing Profits
At Daily Racing Profits you can make profits on the UK horse racing daily! Enter your email and you will be added to our daily racing profits mailing list where you will be emailed tips, trials and the chance to join our latest service, the Daily 3.