Make Money Online with Honeygain! - Download this free software for your Windows computer, Android or iOS phone and get paid to share your internet connection! Download, turn it on and earn!

Bagaimana Cara Sunscreen Bekerja Melindungi Kulitmu dari Sinar Matahari?

Posted by mellymarena on March 22nd, 2020

Penggunaan sunscreen tidak hanya mengurangi risiko terkena kanker kulit dan kulit terbakar, tetapi juga dapat mengurangi efek penuaan akibat terpapar sinar matahari.

Tetapi terkadang kita lupa akan hal-hal mendasar. Misalnya, bagaimana seharusnya kita mengoleskan tabir surya? Kemudian, berapa lama kita harus menunggu sebelum benar-benar dapat terpapar matahari setelah mengoleskan sunscreen, dan berapa lama kita dapat bertahan di bahwa paparan matahari—meski menggunakan tabir surya?

Yang terakhir, bagaimana cara kerja tabir surya?

Bagaimana sunscreen bekerja?

Ada dua bahan utama di dalam semua produk tabir surya: bahan aktif dan emulsi.

Bahan aktiflah yang membuat tabir surya dapat bekerja melindungi kulit dari sinar matahari. Bahan aktif tersebut terbagi menjadi dua jenis: Penyerap UV dan reflektor (pemantul) UV.

Penyerap UV adalah zat kimia yang dapat mengurangi radiasi UV dan mengubahnya ke tingkat panas yang sangat rendah. Sebagian kecil orang mengatakan, penggunaan tabir surya membuat mereka merasakan panas yang tidak nyaman pada kulit.

Zat kimia peredam UV juga dapat disebut “organik”, karena berisikan atom karbon, yang merupakan dasar dari semua bahan organik.

Beberapa menyerap bagian dari spektrum UVB, yang diketahui sebagai penyebab kulit terbakar dan meningkatkan risiko kanker kulit. Sedangkan bagian lainnya menyerap bagian spektrum UVA. Sejumlah penelitian membuktikan, semakin panjang gelombang UVA tidak hanya dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam tetapi berkontribusi terhadap kanker kulit dengan mengorbankan respons imun terhadap kerusakan DNA.

Untuk itu, tabir surya yang memiliki label “broad spectrum” lebih dianjurkan karena menawarkan perlindungan terbaik.

Tabir surya dengan ‘Broad action’ lebih dianjurkan. from shutterstock.com

Reflektor UV sebagian besar terdiri dari beberapa oksida, seperti zinc oxide (seng oksida) dan titanium dioksida, yang dapat menyerap dan menyebarkan radiasi UV.

Pada umumnya sunscreen memiliki lebih dari satu bahan aktif dan bisa bertambah hingga enam atau lebih di dalamnya.

Emulsi—seperti, losion, susu, krim, minyak, busa atau gel—merupakan bahan yang membawa zat aktif. Biasanya ini dibuat dari beberapa kombinasi antara minyak dan air, ditambah bahan lainnya. Gunanya agar produk itu awet di rak atau di lemari kita.

Emulsi juga membantu agar sunscreen anti air, mempengaruhi rasa dan aroma tabir surya, dan seberapa baik menempel pada kulit.

Apa yang disebut dengan SPF dan bagaimana mengukurnya?

Sesuai namanya, yang disediakan tabir surya adalah pelindung, bukan penghalang. Bayangkan pintu dengan kawat nyamuk: angin tetap dapat masuk tetapi nyamuk tidak. Dengan cara yang sama, losion matahari atau ramuan yang Anda gunakan tetap memungkinkan sebagian kecil radiasi UV masuk ke kulit.

SPF dapat diartikan sebagai “sun protection factor”. Ini digunakan untuk mengukur seberapa banyak UV dapat melewati pelindung. Semakin tinggi angkanya, semakin rendah UV yang dapat melewati pelindung itu.

SPF 30 memungkinkan satu per tigapuluh atau 3,3% dari UV dapat mencapai kulit. Ini berarti losion tersebut dapat menyaring hingga 96,7% UV. Bandingkan dengan SPF 50, yang dapat menyaring 98% UV (dan membiarkan satu per limapuluh atau 2% dari UV melewati pelindung).

Perbedaan antara SPF 30 dan SPF 50 sepertinya besar (selisih 20 angka), padahal sesungguhnya tidak demikian. Mereka hanya berbeda 1,3%.

Jika kulit Anda dapat bertahan selama 10 menit tanpa perlindungan hingga muncul tanda-tanda terbakar, maka dengan tabir surya SPF 30 tingkat kemunculan itu akan muncul 30 kali lebih lama, atau total hingga 300 menit. SPF 15 dapat melindungi hingga 150 menit, sedangkan SPF 50, 500 menit.

Tapi jangan senang dulu. Jika Anda berlama-lama di bawah matahari hingga 500 menit (delapan jam) hanya dengan mengandalkan tabir surya, Anda kemungkinan besar masih akan terbakar!

Source: http://theconversation.com/bagaimana-cara-kerja-tabir-surya-apa-itu-spf-dan-apakah-saya-masih-dapat-menghitam-meski-pakai-tabir-surya-99601

 
Also See: Tabir Surya, Yang Dapat, Lama Kita, Berapa Lama, Yang, Uv, Tabir

Guitar Theory Revolution
Guitar Theory Revolution Academy is the exclusive members area where you will find my complete method. It consists of several different resources; books, videos diagrams and MP3s.
CryptoTab Browser - Easy way for Bitcoin Mining | CryptoTab Browser
CryptoTab Browser is the world's first web browser with built-in mining features. Familiar Chrome user interface is perfectly combined with extremely fast mining speed. Mine and browse at the same time!

Lolli: Earn Free Bitcoin When You Shop Online!
Lolli is a rewards application that gives you bitcoin for shopping at your favorite online stores.

Quality Office Furniture USA Shipped Direct - Madison Liquidators
Nationwide vendor of quality office furnishings including Desks, Office Chairs, Conference Tables, Cubicles and more!

Advertise Here