Get Paid to Explore the World! - This FREE app for Android and iOS pays you everytime you go out to explore the world! Download and start exploring today!

Perbedaan Gejala Miom dan Kista

Posted by lingshenyao on July 8th, 2020

Sebagian orang mungkin belum mengetahui perbedaan miom dan juga kista ovarium atau justru malah menganggap keduanya adalah kondisi yang sama. Dengan memahami perbedaan diantara miom dan kista di ovarium, Anda bisa mengenali gejalanya sehingga pemeriksaan dan penanganan bisa segera dilakukan.

gejala miom dan kista

Miom dan kista ovarium adalah dua jenis tumor jinak pada organ reproduksi wanita. Meski demikian, keduanya adalah dua kondisi yang berbeda. Perbedaan miom dan kista ovarium paling mudah dikenali biasanya dari bentuk dan letaknya.

Miom merupakan pertumbuhan sel yang bersifat jinak dari otot dinding rahim. Sementara kista ovarium merupakan kantung berisi cairan yang tumbuh dan berkembang pada ovarium atau indung telur, baik indung telur bagian kiri, kanan, atau di kedua indung telur.

Perbedaan Miom dan Kista Ovarium Berdasarkan dari Penyebabnya

Penyebab secara pasti timbulnya miom masih menjadi tanda tanya. Namun, ada beberapa faktor yang dapat memicu pertumbuhannya, antara lain:

Genetik

Jika nenek, ibu, atau saudara kandung perempuan Anda yang pernah memiliki miom, maka Anda juga berpotensi memiliki miom.

Hormon

Hormon estrogen dan progesteron yang diproduksi dengan berlebihan di dalam ovarium juga bisa memicu pertumbuhan miom.

Usia mentruasi pertama terlalu dini

Penelitian menunjukkan wanita yang mengalami menstruasi pertama di bawah usia 10 tahun akan mempunyai risiko terkena miom lebih tinggi.

Berbeda dengan miom, kista ovarium diketahui bisa tumbuh secara alami di dalam tubuh wanita, terutama ketika masa subur atau sedang haid. Namun, yang perlu diwaspadai aialah ketika ukuran kista semakin membesar.

Hal tersebut bisa menimbulkan masalah yang berkaitan bersama penyakit tertentu, seperti endometriosis dan sindrom polisistik ovarium (PCOS).

Perbedaan Miom dan Kista Ovarium Berdasarkan Gejala

Pertumbuhan miom sering kali tidak bisa terdeteksi karena memang tidak akan menimbulkan gejala apapun, terlebih lagi jika ukurannya masih kecil atau jumlahnya sedikit. Miom dan kista ovarium biasanya akan terdeteksi dengan tidak sengaja, misalnya ketika seorang wanita sedang menjalani pemeriksaan USG rahim.

Namun, pada kasus tertentu, timbulnya miom dapat ditandai dengan perdarahan dari vagina, perut kram, nyeri panggul ketika menstruasi, serta sering buang air kecil.

Sama seperti miom, kista ovarium juga kerap tidak akan menimbulkan gejala sama sekali. Gejala baru muncul ketika kista mulai membesar dan berdampak pada organ dan jaringan di sekitarnya.

Beberapa gejala kista ovarium yang bisa muncul meliputi mual dan muntah, perut terasa kembung, nyeri ketika berhubungan seksual, sakit di punggung belakang dan paha, serta nyeri di payudara. Jika kondisinya menjadi semakin parah, terkadang bisa disertai dengan demam, tubuh yang terasa lemas, dan nyeri panggul yang sangat mengganggu.

Pengobatan Miom dan Kista Ovarium

Pada kondisi yang ringan, dokter biasanya hanya akan menyarankan pemeriksaan yang berkala bertujuan untuk memantau perkembangan kista atau miom.

Namun, jika sudah menimbulkan gejala yang sudah mengganggu, miom dan kista ovarium perlu segera mendapat penanganan. Jika tidak segera ditangani dengan benar, miom dan kista ovarium dapat menyebabkan komplikasi seperti anemia, torsi ovarium, atau pecahnya kista.

Pengobatan miom dilakukan dengan pemberian hormon, misalnya pil KB atau hormon gonadotropin. Jika ukuran miom yang besar atau jumlahnya banyak, tidak diperlukan tindakan operasi pengangkatan miom.

Serupa dengan pengobatan miom, pengobatan kista ovarium bisa dilakukan dengan cara pemberian hormon. Jika ukuran kista besar atau dicurigai terdapat kanker, maka diperlukan tindakan operasi.

Setelah memahami perbedaan miom dan kista ovarium, sebaiknya Anda lebih waspada dan mulai untuk menerapkan pola hidup sehat. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika Anda merasakan gejala-gejala yang telah disebutkan di atas.

Semakin cepat miom dan kista ovarium terdeteksi dan diobati, maka akan menurunkan risiko gangguan kesehatan atau komplikasi yang lebih parah.

Miom dan kista ovarium kerap menjadi kondisi yang selalu menghantui wanita. Sayangnya, banyak orang yang sering tertukar antara penyakit miom dan kista. Sekilas, perbedaan miom dan kista memang tidak terlihat. Apabila sama-sama terjadi dalam rahim, maka perlu pemeriksaan medis yang berguna memastikan apakah Anda mengalami miom atau kista.

Namun, ada beberapa hal mendasar dan  bisa digunakan untuk membedakan keduanya. Lalu, apa beda miom dan kista?

Mengenal Miom

miom atau fibroid rahim adalah tumor jinak yang hanya bisa tumbuh di area rahim. Miom terbuntuk dari pada sel-sel yang terus tumbuh sehingga kerap disebut sebagai daging tumbuh. Miom yang mempengaruhi lapisan rahim ini juga dapat menyebabkan subfertilitas atau keguguran. Miom pada umumnya jarang berubah menjadi kanker. Miom atau fibroid yang telah berubah menjadi kanker kemudian akan disebut fibrosarkoma.

Jika miom tumbuh dengan sangat cepat dan lalu menjadi semakin membesar, maka diperlukan pengobatan secara khusus. Tanda awal wanita yang memiliki kista atau miom seringkali tidak terlihat di awal. Biasanya, seorang wanita baru terdeteksi mempunyai kista atau miom ketika melalukan pemeriksaan khusus.

Baca juga : 5 Jenis Kista berbahaya dan Obat Penghancurnya

Gejala miom

Miom pada umumnya tidak memunculkan keluhan yang khusus atau khas. Namun, miom yang semakin membesar bisa menyebabkan beberapa gejala sebagai berikut:

  • Perdarahan menstruasi yang sangat banyak tidak seperti biasanya.
  • Nyeri haid yang sangat hebat.
  • Sering buang air kecil.
  • Nyeri pada area panggul atau punggung bagian bawah.
  • Nyeri ketika sedang berhubungan seksual.
  • Perut yang membesar.
  • Dapat teraba benjolan pada perut.

Kista terbentuk dari cairan yang menumpuk dan dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun, termasuk di bagian ovarium. Sama dengan miom, kista juga merupakan tumor jinak sehingga tidak akan berbahaya dan umumnya tidak menimbulkan gejala apapun.

Gejala kista ovarium

Namun, kista yang tumbuh menjadi semakin besar bisa menyebabkan gejala-gejala berikut:

  • Rasa sakit sebelum atau selama siklus menstruasi
  • Nyeri pada punggung bagian bawah atau paha
  • Hubungan seksual yang terasa menyakitkan
  • Perut kembung atau bengkak
  • Mual dan muntah
  • Gerakan usus yang menyakitkan
  • Sering buang air kecil
  • Nyeri payudara

Pada banyak kasus, kista ovarium yang bersifat jinak dan bisa hilang secara alami tanpa pengobatan. Namun, adanya kista ovarium juga bisa berkembang menjadi kanker meski hal ini jarang terjadi. Salah satu komplikasi kista ovarium yang jarang sekali terjadi ialah torsi ovarium.

Ini merupakan suatu kondisi di mana indung telur berputar atau bergerak dari posisinya, memotong suplai darah ke indung telur. Jika tidak segera diobati, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan atau kematian pada jaringan ovarium.

Penanganan miom dan kista ovarium

Untuk mengetahui adanya miom atau kista bisa dilakukan melalui tes laboratorium serta pemeriksaan pemindaian, contohnya seperti USG, CT scan, maupun MRI. Jika miom dan kista yang Anda miliki memicu gejala khusus, dokter biasanya tidak memberikan penanganan secara khusus.

Perbedaan miom dan kista dalam hal penanganan sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh. Dokter bisa meresepkan obat-obatan hingga dengan melakukan tindakan operasi. Jenis pengobatan yang akan Anda jalani tergantung dari pada ukuran dan letak miom maupun kista, serta kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca juga :

Also See: Miom Dan, Kista Ovarium, Dan Kista, Perbedaan Miom, Yang, Tidak, Perbedaan

Guitar Success System - The Only Guitar Course You'll Ever Need!
See Why The Guitar Success System Is the Only Guitar Course You'll Ever Need!
CryptoTab Browser - Easy way for Bitcoin Mining | CryptoTab Browser
CryptoTab Browser is the world's first web browser with built-in mining features. Familiar Chrome user interface is perfectly combined with extremely fast mining speed. Mine and browse at the same time!

Lolli: Earn Free Bitcoin When You Shop Online!
Lolli is a rewards application that gives you bitcoin for shopping at your favorite online stores.

Advanced Guitar with Express Guitar Volume 2 - The Advancing Guitarist
Get ready for a Major Upgrade with your guitar skills, accuracy and musicianship!

Advertise Here