Mengenal Remote Working dan Perbedaannya Dengan WFH

Posted by MyScorecard on March 25th, 2022

Remote Working menjadi istilah yang naik daun semenjak wabah covid-19 melanda di Indonesia. Demi meminimalisir terjadinya penyebaran penyakit, banyak perusahaan yang kemudian mengambil langkah tegas untuk memberlakukan kerja jarak jauh atau bahkan tanpa tatap muka sekalipun.

Beberapa perusahaan terkenal dengan sistem kerja Work From Home, tapi tidak sedikit juga yang memberlakukan sistem Remote Working. Lalu apakah perbedaan keduanya?

Work From Home merupakan fasilitas yang perusahaan berikan kepada karyawannya agar bisa mengizinkan mereka untuk melakukan pekerjaan dari rumah saja tanpa harus pergi ke kantor selama beberapa hari dalam satu pekan. Walaupun perusahaan mengizinkan anda untuk tetap di rumah, aturan perusahaan tetap harus diikuti. Seperti contohnya, anda harus tetap bisa dihubungi saat jam kerja atau tetap memberikan laporan pekerjaan di akhir jam kerja.

Baca Juga: Tips Dalam Menjaga Kerjasama Tim Saat WFH

Sistem Work From Home ini biasanya dilakukan secara bergantian dan pembagian jadwal disusun oleh perusahaan dengan terjadwal dan adil.

Sedangkan untuk Remote Working, anda diberikan kebebasan sepenuhnya untuk tidak terikat dengan peraturan resmi perusahaan. Sehingga anda bisa tetap bekerja dari jarak jauh tanpa perlu repot-repot pergi ke kantor sama sekali.

Namun jangan salah, meskipun memiliki kebebasan dibandingkan Work From Home, sistem kerja Remote Working ini juga membutuhkan kemampuan, sumber daya, serta keterampilan pribadi yang berbeda. Anda dituntut untuk memiliki rasa inisiatif yang besar dan kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik.

Umumnya, sistem kerja yang satu ini sudah lama menjamur bahkan sebelum era pandemi dimulai dan sistem kerja dari jarak jauh yang satu ini dikerjakan oleh para pekerja lepas yang mendapatkan klien jauh dari tempat tinggalnya. Dengan sistem Remote Working, komunikasi lebih banyak dilakukan melalui sistem digital dengan bantuan email, telepon sampai panggilan video.

Baca Juga: Aplikasi E-Absensi untuk Mendukung Penilaian Kinerja yang Lebih Akurat

Selain sistem yang umum, tren karena Remote Working juga menciptakan tren lain bernama digital nomadDigital nomad merupakan sistem pekerjaan jarak jauh yang tetap bisa dilakukan meskipun anda berpindah-pindah tempat tinggal.

Jika anda bertanya lebih lanjut, apakah perbedaan antara kedua sistem kerja ini, adalah terletak pada konsep pekerjaannya, dimana WFH dan Remote Working jelas berbeda pada sistem keterikatan pekerja terhadap kantornya. Karyawan WFH harus tetap terikat pada aturan resmi perusahaan, sedangkan Remote Working lebih bersifat fleksibel.

 

Like it? Share it!


MyScorecard

About the Author

MyScorecard
Joined: June 11th, 2021
Articles Posted: 42

More by this author